KOLAKA UTARA

Dukcapil Kolut “Jemput Bola” di Tiga Kecamatan

Ilustrasi perekaman KTP.

KOLAKAPOS, Lasusua–Tahun Ini Dukcapil Kolut berencana melakukan “jembut bola” untuk layanan catatan sipil di tiga kecamatan, untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat di desa-desa. Pasalnya, pengurusan kependudukan dan pecatatan sipil sering dikeluhkan masyarakat.
Seperti yang diterangkan Wakil Bupati Kolaka Utara Abbas, bahwa untuk menjangkau pelayanan di tingkat bawah, Capil akan membuka pelayanan seperti pembuatan KTP, KK dan akta kelahiran sehingga masyarakat tidak perlu lagi repot ke ibukota kabupaten.
“Tahun ini kita berencana membuka layanan di tiga kecamatan, yakni kecamatan Ranteangin, Ngapa dan Batu Putih, sehingga masyarakat kalau mau buat KTP tidak perlu lagi ke Ibukota kabupaten cukup di kecamatan saja,” katanya.
Abbas menambahkan, hal tersebut dilakukan karena banyaknya keluhan masyarakat terkait pelayanan di Capil, sehingga masyarakat harus bolak-balik untuk melakukan pengurusan, serta banyaknya waktu, tenaga hingga biaya yang dibutukan jika masyarakat dari desa yang jauh dari ibukota.
“Ini adalah salah satu upaya kita mendekatkan pelayanan pada masyarakat Kolaka Utara, agar masyarakat tidak lagi harus antri panjang dan bolak-balik,” tuturnya.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kolaka Utara menuturkan, pemberian layanan di tiga kecamatan itu akan segera dilakukan hanya terkendala pada anggaran. “Kalau sudah ada anggaran kita sudah mulai memberikan pelayanan di tiga kecamatan, karena alat untuk perekaman KTP sudah siap dan bahkan kita pernah melakukan pelayanan di beberapa kecamatan,” ujarnya.
Meski membuka pelayanan di tiga kecamatan, namun hanya pelayanan KTP saja yang akan dibuka, pasalnya KK dan akta kelahiran membutuhkan tanda tangan kepala dinas. “Kalau dilayani nanti hanya KTP saja, karena KK dan akte kelahiran itu perlu tanda tangan pak Kadis, tapi bisa juga nanti disana dibuat (kecamatan, red) kemudian dibawah kesini (kantor Capil, red) untuk ditandatangani pak Kadis, nanti dilihat saja bagaimana dan mudah-mudahan secepatnya kita bisa melakukan pelayanan,” tandasnya. (cr2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top