KOTA KENDARI

Inflasi di Kendari karena Naiknya Lima Indeks Harga

KOLAKAPOS, Kendari–Kepala BPS Sultra, Atqo Mardianto di Kendari, Kamis mengatakan, secara nasional dari 82 kota yang menghitung inflasi 79 kota tercatat inflasi dan tiga kota tercatat deflasi. Inflasi tertinggi di Bandar Lampung (Provinsi Lampung) 1,42 persen dan inflasi terendah di Tangerang (Provinsi Banten) 0,04 persen.

Inflasi yang terjadi di Kota Kendari tercatat disebabkan oleh naiknya lima indeks harga yaitu pada kelompok bahan makanan 2,52 persen, makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,09 persen.

Kemudian kelompok kesehatan 0,02 persen, kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga serta kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan masing-masing sebesar 0,01 persen.

“Indeks harga yang mengalami penurunanya itu terjadi pada kelompok sandang 0,27 persen dan perumahan, air, listrik, gas,dan bahan bakar 0,08 persen.” ujar Atqo.

Ia mengatakan, komoditas yang memberikan sumbangan inflasi terbesar adalah beras, ikan kembung, layang atau benggol, ikan bandeng, tomat buah, tomat sayur, telur ayam ras, daging ayam ras, bensin seerta pepaya.

Sedangkan komoditas yang memberikan sumbangan deflasi adalah ikan cakalang, angkutan udara, bayam, bahan bakar rumah tangga, jantung pisang, celana panjang jeans pria, ikan ekor kuning, sawi hijau, celana panjang sersin wanita serta sabun detergen bubuk dan cair.

Atqo menambahkan, dari 11 kota di Pulau Sulawesi, seluruh kota tercatat inflasi. Inflasi tertinggi tercatat di Pare-pare (Provinsi Sulawesi Selatan) 1,38 persen dengan IHK 128,02. Sedang inflasi terendah tercatat di Manado (Provinsi Sulawesi Utara) 0,49 persen dengan IHK 129,34.

Tingkat inflasi Kota Kendari tahun kalender (Januari 2018) 0,59 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Januari 2018 terhadap Januari 2017) 2,66 persen.

Tingkat inflasi periode yang sama tahun kalender (Januari 2017) sebesar 0,88 persen dan laju inflasi year on year (Januari 2017 terhadap Januari 2016) tercatat sebesar 2,45 persen. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top