BERITA UTAMA

Kelompok Nelayan Bombana Keciprat Bantuan Truk Boks dan Asuransi Nelayan

KOLAKAPOS, Rumbia–Truk boks pendingin ikan dan asuransi masyarakat nelayan adalah merupakan salah satu dari bantuan berupa fisik dan non fisik dari pemerintah pusat dalam hal ini kementrian Perikanan dan Kelautan (KKP).
Kamis,(1/2) kemarin Bupati Bombana H.Tafdil bersama Wakilnya Johan Salim menyerahkan bantuan tersebut kepada kelompok nelayan Bombana di pelataran kantor dinas perikanan Kabupaten bombana di saksikan langsung oleh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta masyarakat.
Bupati Bombana H.Tafdil saat memberikan sambutan mengatakan pemberian bantuan ini merupakan upaya pemerintah dalam mengembangkan kesejahteraan masyarakat nelayan dalam usaha pengolahan ikan,bantuan itu kata Tafdil baru satu unit saja dan sudah di rencanakan sejak jauh hari.
“Truk tersebut khusus untuk pengiriman ikan segar bagi kelompok pengolahan ikan ke luar kota.dari Kabupaten bombana ke daerah daerah lain,hanya ada satu truk bantuan truk boks pendingin ikan,” ujarnya.
Lanjutnya,mengenai klaim asuransi nelayan bukan hanya bantuan dari pemerintah pusat, namun pemerintah daerah ikut memprogramkan asuransi itu melalui program Gembira Kerja dengan santunan kecelakaan kerja sebesar 90 juta.
Selain dari pada itu bupati dua periode ini menyampaikan bahwa saat ini pemerintah daerah dengan program Gembira akan melakukan mengadakan bibit rumput laut seluas 20 Ha dengan luasan tersebut dapat mencapai 100 petak budi daya rumput laut dengan menghasilkan 800 ton bila luasan ini di kembangkan akan mencapai ribuan ton.
Ia juga menghimbau pada semua pejabat daerah segala agar setiap bentuk kegiatan bantuan sosial harus di ekspos minimal di publikasi hal ini di lakukan agar dapat memberikan informasi pada masyarakat terkait bansos,”Saya berharap bantuan ini dapat di manfaatkan sebaik mungkin guna menciptakan percepatan pertumbuhan kesejahteraan masyarakat,”ujarnya.
Sementara itu masih di tempat sama Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bombana Syarif Lambia SH mengatakan bahwa truk box pendingin ini segala bentuk operasionalnya di Kelola langsung oleh kelompok nelayan di bawah pengawasan Dinas perikanan.
Lanjutnya pemberian bantuan truk ini sudah memenuhi syarat verifikasi,untuk 13 Kabupaten 2 kota hanya dua daerah di Sulawesi Tenggara yang mendapatkan bantuan truk boks ini diantaranya konawe Utara dan Bombana.
Mengenai asuransi nelayan berdasarkan data yang di miliki terdapat 3301 masyarakat nelayan yang memiliki asuransi tersebut, tahun 2018 biaya asuransi di tanggung pusat dengan total 175 000 ribu tiap tahun,”Tahun 2018 pemerintah pusat yang menanggung tahun berikutnya baru masyarakat nelayan itu yang menanggungnya,”ungkapnya
Bagi masyarakat yang sudah memiliki asuransi bila mana terjadi kecelakaan kerja pemerintah sudah mengalokasikan dana santunan berupa uang tunai dari puluhan hingga ratusan juta”Saat ini klaim yang ada pada data kami sebanyak 10 orang dan satunya lagi sementara di verifikasi,”tutupnya(K6/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top