METRO KOLAKA

Masih Banyak Tanah Pemda Tidak Bersertifikat

KOLAKAPOS, Kolaka–Hingga saat ini aset pemerintah Kolaka masih ada yang belum memiliki sertifikat. Karena itu Pemerintah Kolaka pada 2018 ini menganggarkan Rp.100 juta untuk menyertifikatkan beberapa bidang tanahaset pemerintah Kolaka. Saat ini lahan milik Pemda Kolaka yang belum bersertifikat masih ada sekitar 20 persen.

Kabag Pemerintahan Kolaka , Arifin Jamal mengatakan,pada 2018 ini menyiapkan anggaran 100 juta untuk mensertfikatkan lahan pemkab. Dimana kata dia, saat ini tersisa kurang dari 100 lahan yang belum bersertifikat. Meskipun terbilang cukup banyak, namun ia optimis bahwa dalam waktu dekat seluruh lahan milik Pemkab Kolaka sudah bersertifikat.

“Kami targetkan seluruh lahan Pemkab Kolaka pada tahun 2019 sudah bersertfikat. Tahun ini, kami fokuskan sarana pendidikan. Karena masih ada sejumlah sekolah yang belum bersertifikat,” katanya.

Lanjut ia menuturkan, pemerintah Kolaka tidak dapat merampungkan lahan yang belum bersertifikat di tahun ini. Alasannya, pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) selaku pihak yang mengeluarkan sertifikat memiliki tenaga yang terbatas. Sedangkan dalam mengeluarkan sertifikat itu tidak dapat dilakukan dalam waktu sehari.

“Kendalanya bukan karena tidak ada uang, tapi karena lahan pemda yang belum bersertifikat yang masih banyak, sedangkan tenaga di BPN terbatas. Selain itu, jika BPN mau keluarkan sertifikat, maka BPN juga harus tinjau di lokasi. Jadi itu tidak bisa dilakukan dalam satu hari, apalagi bukan hanya pemda saja yang mau dibuatkan sertifikat,” jelas Arifin(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top