KOLAKA TIMUR

Pemkab Koltim Anggarkan Rp4 Miliar untuk BPJS Kesehatan

Bupati Koltim H. Tony Herbiansyah didampingi wakil bupati Koltim Hj. Andi Merya Nur dan Ketua DPRD Koltim Hj. Rahmatia Lukman saat memberikan kartu Indonesia sehat kepada masyarakat.FOTO:Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta–Pemkab Koltim tahun ini telah menganggarkan dana kesehatan bagi masyarakat yang tidak mampu, melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan sebesar Rp4 miliar. Hal ini disampaikan bupati Koltim Tony Herbiansyah saat menyerahkan kartu BPJS kesehatan kepada masyarakat di desa Gunung Jaya, kecamatan Dangia, Kamis (1/2).
“Tahun ini kita sisipkan APBD kita untuk kesehatan masyarakat sebesar Rp4 miliar dan dana itu kita simpan ke BPJS. Jadi masyarakat tidak perlu lagi terbebani mengenai biaya perawatan, namun kita tetap berdoa agar kita jangan sakit, tetapi ketika bapak dan ibu sakit sudah tidak memikirkan lagi biaya pengobatan, baik itu di Puskesmas maupun di Rumah Sakit,” tutur Tony di hadapan masyarakat Dangia.
Menurutnya, peningkatan jaminan kesehatan tahun ini sangatlah signifikan kenaikannya, sebab tahun lalu warga yang terdata sebagai peserta jaminan kesehatan hanyalah 5.500 jiwa, sekarang mencapai 15 ribu jiwa. Kecamatan Dangia merupakan kecamatan terbanyak yang mendapatkan jaminan kesehatan.
“Kita patut bersyukur perhatian pemerintah daerah maupun pusat, cukup besar terhadap masyarakat. Sekarang tinggal masyarakat bagaimana berbuat, untuk kesejahteraan bapak/ibu sekalian,” jelasnya.
Sementara itu, kepala pelaksana perwakilan BPJS Kesehatan Koltim Tiara Miarti mengatakan, berdasarkan data dari dinas sosial jumlah kepala keluarga (KK) miskin di Koltim mencapai 21 ribu jiwa dan untuk tahun ini total KK miskin yang telah terdata dan mendapatkan kartu jaminan kesehatan mencapai 15 ribu jiwa.
“Untuk tahun ini bantuan iuran kesehatan dari Pemda Koltim sebesar Rp4 miliar, yang diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu,” singkatnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top