METRO KOLAKA

Setiap Tahun 200 PNS Kolaka Pensiun

KOLAKAPOS, Kolaka–Pemerintah Kabupaten Kolaka sudah sekitar lima tahum tidak melakukan perekrutan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jumlah PNS di Kolaka terusberkurang apalagi banyak PNS yang pensiun setiap tahunya.Bahkan jumlah ASN yang pensiun dalam tiga tahun mencapai sekitar 600 orang.

“Sejak 2016 itu yang pensiun sekitar 200 orang, begitupun di tahun 2017. Di tahun 2018 juga ini akan ada 200 orang yang pensiun dan beberapa diantaranya merupakan pejabat eselon II,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumberdaya Manusia, Mujahidin

Lanjut ia mengatakan meskipun jumlah PNS yang pensiun di Kolaka terbilang cukup banyak, namun kata dia Pemkab Kolaka dianggap oleh Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi masih memiliki jumlah pegawai yang cukup sehingga sampai saat ini belum ada penerimaan PNS di Kolaka .

“Alasannya kememterian belum memberikan kuota PNS ke Kolaka. Karena APBD belanja pegawai di Kolaka masih diatas 50 persen,” katanya.

Mujahidin berharap, dengan banyak jumlah ASN yang pensiun di Kolaka, maka Kemenpan dan RB memberikan formasi CPNS pada wilayah otorita Ahmad Safei. Sehingga, pembangunan dan pelayanan masyarakat dapat lebih maksimal.

“Kami sebenarnya juga berharap mendapat jatah formasi ASN. Karena sudah lama kami tidak menerima CPNS. Sedangkan setiap tahun ASN yang pensiun semakin banyak. Tapi, sepertinya untuk tahun ini hanya daerah otonomi baru saja yang mendapatkan jatah,” tambahnya (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top