HUKUM KRIMINAL

Belajar Bobol ATM dari YouTube tapi Lupa Ada CCTV

Net/ilustrasi

KOLAKAPOS, Malang–Dua pemuda asal Kota Malang ditangkap setelah membobol mesin ATM di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jatim.
Ironisnya, remaja yang masih di bawah umur menjadi otak seluruh aksi kejahatan tersebut.
Mereka adalah ARR alias Ade, (25) dan SDP (16). Menurut Kompol Deky Hermansyah, Wakapolres Malang mengatakan, ide membobol ATM sendiri, berawal dari SDP yang ingin dapatkan uang dengan cara mudah.
Tergiur dengan bujukan SDP, ARR akhirnya menuruti ide jahat tersebut. Keduanya lantas menonton video tutorial cara membobol mesin ATM di YouTube.
“Setelah mempelajari aksi membobol ATM tersebut, keduanya membeli sejumlah peralatan yang diperlukan di sebuah toko waralaba seperti halnya linggis, bor serta satu set tas listrik,” tutur Kompol Deky.
Dalam menjalankan aksinya, SDP bertugas memgawasi kedaan sedangkan ARR sebagai eksekutor.
Aksi mereka tergolong mulus, pelaku melakukan aksinya saat dini hari hingga pagi dan berhasil merusak mesin ATM meskipun tidak bisa mengambil uangnya.
Kamera CCTV yang ada di Dalam ATM, memperlihatkan aksi pengrusakan dan percobaan pencurian yang dilakukan, hingga tim buser Satreskrim polres malang dengan mudah meringkus mereka.
Aksi konyol dan nekat itu, lantaran salah satu pelaku memiliki utang yang cukup besar, dan menyetujui ajakan pelaku anak tersebut tanpa harus memikirkan akibatnya.
Pelaku harus mendekam dis el tahanan Polres Malang.
“Polisi juga menyita alat yang pelaku bawa untuk melakukan aksinya seperti linggis, satu set bor, satu set tas listrik, tas ransel dan kendaraan sarana,” imbuh Deky.
Atas perbuatannya, dua pelaku itu dijerat dengan pasal 363 ayat 4 junto pasal 53 KUHP tentang percobaan pencurian yang dilakukan, dengan ancamam hukuman 7 tahun kurungan penjara. (pul/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top