BERITA UTAMA

Pemkab Kolaka Laksanakan Prajabatan

KOLAKAPOS, Kolaka–Kabar gembira buat para tenaga kesehatan, khususnya bagi mereka bidan dan dokter yang belum lama ini dinyatakan lulus menjadi CPNS dan sudah menerima SK 80 persen pada wilayah Kabupaten Kolaka. Sebab, penantian yang selama ini dinanti akan segera terwujud. Karena dalam waktu dekat ini akan segera dilaksanakan prajabatan yang merupakan salah satu persyaratan mutlak untuk memperoleh SK seratus persen menjadi Pegawai Negeri Sipil. Kepastian itu diperoleh langsung wartawan Koran ini kepada Kabid Pengembangan, Pengadaan, Pengangkatan Pemberhentian dan Diklat BKD Kolaka Hasimin kemarin.

Untuk lanjut Hasimin, pihaknya saat ini tinggal menunggu jadwal pelaksanaan dari balai Diklat Provinsi Sulawesi Tenggara yang ada di Kota Kendari. Sebab, pihak BKD Kolaka tidak memiliki kewenangan untuk melaksanakan Prajabatan di Kabupaten.

“Yang punya kewenangan untuk dilakukan prajabatan adalah balai Diklat Provinsi Sultra. Jadi, saat ini, kami tinggal menunggu saja waktu kesiapan dari Balai Diklat Provinsi sebagai penyelenggara dan kami dari BKD Kolaka sudah siap,” ungkapnya.

Sebagai bentuk kesiapan katanya, saat ini BKD Kolaka sudah memporsikan anggaran untuk pelasksanaan prajabatan tersebut.

“Anggarannya kami sudah siapkan untuk mereka yang akan parajabatan. Dan ini berlaku tidak hanya bidan dan dokter. Tapi sudah termasuk dengan penyuluh pertanian yang sudah dinyatakan lulus menjadi CPNS dan telah menerima SK 80 persen,” bebernya.

Apakah kedepannya mereka (peseta prajabatan red) masih tetap akan membayar ketika akan mengikuti prajabatan? Dengan tegas Hasimin menjelaskan, kalau seyogyanya mereka tidak akan membayar. Sebab sudah anggarkan untuk proses prajabatannya hingga selesai. Lain halnya untuk keperluan Diklat lainnya. Misalnya kelengkapan atribut, Itu tergantung dinas terkait.

“Yang jelas, untuk prajabatan akan dilaksanakan tahun ini. Dan kami sudah anggarkan,” tuturnya.

Sayangnya, Hasimin tidak mengetahui secara pasti nominal yang disediakan oleh BKD untuk melaksanakan kegiatan prajabatan tersebut. “Aduh, kalau nominalnya saya tidak tau secara pasti berapa jumlahnya. Namun pasti sudah dianggarkan,” katanya.

Selain Prajabatan itu katanya, pada tahun ini juga akan segera dilaksanakan Diklatpim II dan III yang diperuntukan para ASN. “Kalau Diklatpim. Itu dianggarkan langsung tiap-tiap SKPD. Rencananya akan dilaksanakan pada tahun ini juga,” tutupnya. (ing/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top