KOLAKA UTARA

Raskin Gratis di Kolut Mulai Disalurkan

Penyaluran bansos Rastra gratis.FOTO:Suleha/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Lasusua–Sejak Rabu (31/1) Bantuan Sosial (Bansos) Beras Sejahtera (Rastara) sudah mulai di salurkan di 15 Kecamatan secara gratis oleh masyarakat Kolaka Utara.

Asisten II Sekda Kolaka Utara Djunus menyatakan, bahawa Raskin di Kolaka Utara mulai disalurkan pada akhir Januari lalu yakni penyaluran pertama di kecamatan Wawo, Ranteangin dan Lambai, Hari Kedua Di Kecamatan Lasusua, Katoi dan Kodeoha.

“Kecamatan Tiwu, Ngapa dan Watunohu, kemudian dilanjutkan ke kecamatan berikutnya setiap hari mobil Bulog akan melayani tiga Kecamatan,” katanya.

Diapun menegesakan, Raskin tersebut akan disalurkan setiap bulan sebanyak 10 kilogram untuk masing-masing masyarakat di bumi Patampanua dan penerima bantuan Bansos Rastra tersebut setiap kecamatan sudah tertera nama masing-masing penerimanya sehingga kepala Desa tidak boleh memilah-milah masyarakat penerima Bansos tersebut.

“Ditempat penerima Bansos rastra ini sudah ada nama masing-masing penerima langsung dari pusat, dan nama penerima ini ditempel di lokasi pembagian Rastra,” tuturnya.

Diapun tidak menginginkan kepala desa menyalurkan raskin tersebut kepada warga yang membutuhkan dan jika masyarakat menemukan adanya pelanggaran saat penyaluran Raskin segera melapor kepada tim koordinasi di tingkat desa, kecamatn hingga kabupaten yang telah dibentuk.

“Raskin ini kan sudah gratis dan nama penerimanya sudah ada,kalau ada masyarakat menjadi daftar penerima tapi tidak diberikan Rastra silahkan melapor saja ke tim koordinasi yang telah dibentuk,” tuturnya.

Diakuinya Kepala Desa diperbolehkan memungut biaya taransportasi untuk raskin bagi masyarakatnya jika desa tersebut berada diatas gunung, karena mobil pengangkut raskin tidak mengantarkan beras tersebut ke desa diatas gunung.

“Boleh dipungut biaya, kalau desanya diatas gunung karena dibutuhkan biaya angkut ke gunung, tapi atas kesepekatan bersama antara kepala desa dan masyarakatnya dengan dibuat berita acara, tapi kalau masyarakat datang ambil sendiri di tempat penampungan itu gratis kecuali diantarkan samapi kedesanya ada biaya yang disepekati,” tandasnya.(cr2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top