BERITA UTAMA

Truk Ilegal Loging Rusaki Jalanan Uluiwoi dan Uesi

KOLAKAPOS, Tirawuta–Kondisi jalanan utama yang menghubungkan dua kecamatan yakni kecamatan Uluiwoi dan kecamatan Uesi setiap harinya terus mengalami kerusakan, Hal ini diakibatkan semakin maraknya mobil truk pengangkut kayu ilegal yang setiap hari melewati jalan tersebut,Kerusakan jalan ini diakui Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Uluiwoi Husain.
” Rusaknya jalan di kecamatan Uluiwoi dan Uesi akibat puluhan mobil truk bermuatan kayu ilegal yang setiap hari lalu-lalang ” ungkapnya saat ditemui media ini Sabtu (3/2).

Padahal kata Husain, pemerintah daerah (Pemda) Koltim setiap tahunnya selalu melakukan perbaikan terhadap jalan dan jembatan yang rusak, namun karena maraknya aktivitas ilegal loging kondisi jalanan dan jembatan selalu saja mengalami kerusakan. ” Sejak tahun 2013 bapak bupati Bupati H Tony Herbiansyah yang kala itu masih menjabat sebagai Plt bupati sudah melakukan perbaikan jalanan dan jembatan, akan tetapi jalanan yang telah diperbaiki tidak bertahan lama akibat mobil truk yang setiap hari melewati jalanan tersebut ” bebernya.

Sebagai pemerintah lanjut Husain, pihaknya telah berupaya melakukan teguran baik secara lisan maupun tertulis, namun karena keterbatasan kewenangan pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa. ” Kami tidak bisa berbuat banyak, karena persoalan ini kewenangan Pemprov ” ucapnya.

Olehnya itu, Husain berharap agar pihak terkait dapat segera melakukan penertiban terhadap pelaku ilegal loging, agar kondisi jalanan dan jembatan tidak lagi mengalami kerusakan. Sebab jika terus dibiarkan maka dampak dari aktivitas ilegal loging akan membawa bencana bagi masyarakat Uluiwoi dan Uesi. ” Jika terus dibiarkan maka lima tahun kedepan kecamatan Uluiwoi dan Uesi akan tenggelam. Jadi kami harapkan pihak terkait dapat melakukan penertiban dan peninjauan langsung ke lokasi ” harapnya. (m2/b/hen).

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top