METRO KOLAKA

Anggaran Pusat Masuk di Padang Penggembalaan Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka — Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kolaka saat ini mengembangkan kawasan padang penggembalaan di desa Mataosu kecamatan Watubangga. Bahkan pada 2018 ini padang pengembalaan ini endapat kucuran dana sekita 100 juta untuk melakukan perawatan padang penggembalalaan tersebut.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kolaka Ansar mengatakan, saat ini padang penggembalaan terus mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Pada 2018 ini mendapat kucuran dana Anggaran Pembelanjaan Belanja Negara (APBN) berjumlah sekitar Rp.100 juta. Anggaran tersebut untuk melakukan perawatan kepada padang penggembalaan yang luasnya 100 hektar.

“Dana 100 juta tersebut akan digunakan utnuk memlakukan pemeliharan pakan yang telah ditanam di padang tersebut,” katanya

Ansar juga mengaku telah melakukan penanaman pakan rumput jenis Rumput Bede ( Brachiaria Decumbens ) yang sudah ditaman pada 100 hektar di kawasan padang penggembalaan Mataosu.

“Alhamdulilah walau saat ini belum ada pengairan yang baik, namun pada 2018 ini pemerintah Kabupaten juga menganggarkan 100 juta untuk pembuatan sumur bor. Dengan adanya sumur tersebut Insyaallah padang penggembalaan tidak mempunyai masalah lagi,” tambahnya.

Untuk melakukan perawatan rumput dipadang penggembalaan Disbunak harus mengeluarkan sapi peliharaan agar bisa mencari makanan alami di sekitar padang penggembalaan. Namun pada sore harinya sapi kembali di masukan kedalam padang pengembalaan.

“Alhamdulilah saat ini sapi terus berkembang, untuk jumlah sapi saat ini sekitar 100 ekor,” ujarnya Ansar(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top