KOTA KENDARI

11 Kabupaten di Sultra Jadi Pengembangan Kakao

KOLAKAPOS, Kendari–Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Sultra, Yesna Suwarni mengatakan, pemerintah Sultra telah menetapkan 11 kabupaten dari 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai proyek percontohan pengembangan kawasan kakao nasional.

Menurut dia, penetapan daerah itu menjadi percontohan pengembangan kawasan kakao nasional berdasarkan SK Mentan Nomor 830 tahun 2016.

“Ke-11 kabupaten itu adalah Kabupaten Kolaka Utara, Kolaka, Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Bombana, Muna, Muna Barat, Buton dan Buton Utara,” katanya.

Yesna mengapresiasi perhatian pemerintah pusat terhadap pengembangan kakao di Sultra karena komoditas itu menjadi unggulan petani perkebunan di daerah itu.

“Melalui tanaman kakao, sudah banyak meningkatkan perekonomian warga Sultra, bahkan menjadi komoditas yang memberikan kontribusi besar bagi banyak warga yang pergi menunaikan ibadah haji dari hasil perkebunan komoditas itu,” katanya.

Pemerintah daerah, kata Yesna, terus mendorong petani meningkatkan produksi dengan berbagai upaya, salah satunya melakukan peremajaan tanaman kakao.

“Setiap tahun kami gelontorkan dana kepada kelompok masyarakat petani kakao. Kemudian ada sentuhan Program Gernas Kakao dan pengembangan kakao berkelanjutan,” katanya.

Hasil dari upaya itu, kata Yesna, maka produktivitas kakao saat ini ada yang mencapai dua ton per hektare per tahun. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top