METRO KOLAKA

BLK Kolaka Buka Pelatihan Keterampilan

Pelaksana Kepala BLK Kolaka Sakka

KOLAKAPOS, Kolaka–Balai Latihan Kerja Kabupaten (BLKK) Kolaka pada 2018 ini mendapat jatah pelatihan dari anggaran APBD dan APBN. Namun jumlah tersebut dianggap masih kurang dengan jumlah permintaan pelatihan keterampilan setiap tahunya yang terus meningkat.

Pelaksana Kepala BLKK Kolaka Sakka mengatakan pelatihan yang menggunakan dana APBD diantaranya kejuruan menjahit, kejuruan Bangunan dan kejuruan sepeda motor. Hingga saat ini Sakka mengaku menunggu instruksi dari kepala dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi untuk memulai kegiatan pelatihan ini.

“Kami menunggu perintah saja, kalau ada instruksi untuk mulai kegiatan maka istruktur langsung memulainya. Namun prediksi kami kegiatan akan dimulai awal Maret,” katanya.

Untuk pelaksanaan pelatihan akan dilihat kondisi peserta. Jika kelompok di desa yang akan dilatih memiliki alat maka instruktur akan turun melatih di desa. Namun jika tidak memungkinkan maka pelatihan keterampilan akan dilakukan di kantor BLKK Kolaka.

“Setiap kelompok untuk APBD terdiri dari 10 orang. Sedangkan untuk APBN 16 orang,” tambahnya.

Untuk anggaran APBN Sakka mengakui mendapat kepercayaan untuk melakukan pelatihan beberapa paket dianataranya adalah mesin produksi, Las, komputer, prosesing, sepeda motor, listrik, bangunan dan menjahit. Pelatihan anggaran APBN menunggu petunjuk dari pemerintah provinsi karena ini adalah program dari Provinsi.

“Untuk sistim pelatihan adalah kopotensi yang terbagi 25 persen teori dan 75 persen praktek, dengan tujuan agar tenaga trampil dari BLKK Kolaka bisa siap pakai dan bisa menjalankan usaha dan bekerja sesuai dengan skil yang dimiliki,” tambahnya(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top