BERITA UTAMA

Antam-OWT Pelatihan Teknik Agroforesty

Dalam Meningkatkan Produktivitas Lahan

KOLAKAPOS, Kolaka–Antam UBPN Sultra bekerjasama dengan Yayasan Operation Wallacea Terpadu Jaya, Desa Sopura, Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Hakatutubodan Kelompok Tani Minasatena Desa Oko-okoserta perwakilan Gabungan Huko melaksanakan Pelatihan Teknik Agroforesty di Rumah Belajar Masyarakat Antam di Sopura selama dua hari (7-8 Februari 2018).

VP HC and CSR UBPN Sultra, Kamsi, ST, dalam sambutannya menyambut gembira dan berbahagia dengan diadakannya pelatihan ini, yang merupakan salah satu program CSR UBPN Sultra, dimana tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat kelompok sasaran, khususnya yang bergerak di bidang pertanianagroforesty, terkhusus dalam rangka meningkatkan nilai tambahpotensilahan yang cukupluasmelaluibudidaya agroforestry.

Lebih lanjut dikatakan, Program ini juga sejalan dengan master plan CSR Antam yaitu memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan peningkatan pembangunan ekonomi, sosial dan lingkungan yang berkelanjutan.Maksuddari program ini adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan kebun campur (agroforestri) rendah emisi dan adaptif terhadap perubahan iklim.

Camat Pomalaa, Sairman, S.Pd, M.M. mengatakan, bahwa program ini sejalan dengan 9 program pokok Bupati Kolaka khususnya di sector pertanian, yang diharapkan masyarakat mampu meningkatkan kesejahteraannya melalui profesi bertani. Kita berharap kegiatan ini biasa berkelanjutan dan masyarakat dapat merasakan manfaat dari program ini.

Dalam kesempatan yang sama, Sekertarsi Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka, Darwis, saat membuka acara pelatihan ini menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Antam yang telah menfasilitasi program CSR ini, program ini program ini sejalan dengan program pemerintah yang outputnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sector pertanian khususnya perkebunan masyarakat. Potensilahan di Kecamatan Pomalaa, khususnya di Sopura, Hakatutobu dan Oko-Okodapat dijadikan sebagai sentral kedepan melalui keberlanjutan dari program ini.

CSR Manager Antam, Muhammad Rusdan, mengatakan Pelatihan ini adalah salah satu dari rangkaikan kegiatan pendampingan usaha tani kebun campur (agroforestry) untukmeningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tiga Desa KecamatanPomalaa.

Adapun Tujuan dari program ini adalah terbangunnya sumber mata pencaharian lestari rendah emisi dan adaptif terhadap perubahan iklim berbasis agroforestry (kebuncampur).

Beberapa tahapan kegiatan telah dilakukan di antaranya:
1. Melakukan studi diagnostik potensi dan permasalahan pengembangan mata pencaharian agroforestri
2. Memfasilitasi pembangunan Persemaian Desa
3. Memfasilitasi penerapanagroforestri yang meliputipendampingankegiatanpenanaman, penyulaman, danpemupukantanaman inti danselasepertijeniscabeatautanamanlainnyasertapendampinganpemanenantanamansela.
4. Dan kegiatan yang kita laksanakan hari ini.

Sementara itu, Ekternal Relation Antam, Pamiluddin Abdullah, mengatakan program ini merupakan bukti komitmen Antam dalam memberikan perhatian yang besar terhadap pembinaan kepada masyarakat dalam berbagai sektor, khususnya di sektor pemberdayaan ekonomi pertanian masyarakat. Kita berharap melalui kegiatan yang semacam ini, akanterjadi transfer knowledge yang pada gilirannya dapat diterapkan dengan baik dilokasinya dan outputnya bisa meningkatkan hasil produktivitas lahanmasyarakat yang bapak/ibu geluti.

Lebihlanjut, ia mengatakan, diharapkan kepada seluruh peserta agar benar-benar memanfaatkan kesempatan pelatihan ini untuk menggali ilmu dan pengetahuan praktis yang berguna untuk memulai meningkatkan nilai tambah potensi lahanyang ada di wilayahnya berupa pemanfaatan lahan untuk kebun agroforestry. (hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top