HUKUM KRIMINAL

Minyak Mentah Chevron Dicuri

KOLAKAPOS, RIAU-Pipa besar yang mengalirkan minyak mentah milik PT Chevron di Jalan Gatot Soebroto Km 23 Bukit Timah RT 09, Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan tampak dirusak. Perusakan pipa itu diduga dilakukan pelaku pencurian minyak.

Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan SIK melalui Paur Subag Humas Polres Dumai Iptu Jamalludin membenarkan ada kejadian tersebut. “Ini diketahui oleh seorang pemuda bernama Ali yang menghubungi Bhabinkamtibmas Kelurahan Bangsal Aceh, adanya dugaan pencurian minyak hitam mentah Chevron,” ujarnya.

Dikatakannya, pencurian minyak hitam mentah dilakukan dengan cara merusak dan membor pipa menggunakan kran besi. “Mendapat informasi tersebut dipimpin oleh Kapolsek, Kanit Reskrim, Kanit Sabhara, Kanit Intel dan piket Reskrim mendatangi TKP, untuk identifikasi awal,” sebutnya.

Ia mengatakan, pihak kepolisian belum mengetahui berapa kerugian atas kejadian tersebut, akan tetapi pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan dan penelusuran lebih lanjut terkait dengan pelaku perusakan terhadap industri berkapasitas sebagai objek vital nasional itu.

“Itu kan masuk dalam obvin, pelaku masih kami lidik,” sebutnya.

Dikatakannya, selain dikenakan dengan perusakan objek vital nasional, pelaku yang masih dilidik juga bakal dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

“Ancaman minimal lima tahun penjara,” tutupnya.(riaupos)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top