METRO KOLAKA

Hanya di Kolaka ada Titik Pantau Hilal

Menteri agama H. Lukman Hakim Saifuddin saat berkunjung di Kolaka.FOTO:Dadang/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Menteri agama H. Lukman Hakim Saifuddin telah melakukan kinjungan ke Kolaka selama dua hari (15 hingga 16 februari lalu. Kunjingan tersebut disambut langsung oleh plh Kolaka Masmuddin. Dalam kunujungan kerja Menteri Agama sempat melakukan peninjauan lokasi pembangunan pusat edukasi astronomi dan observasi bulan atau titik pantau hilal di kecamatan Tanggetada.

Menurut Lukman lokasi yang telah ditetapkan untuk pusat edukasi astronomi dan observasi bulan atau titik pantau hilal di Kolaka adalah satu satunya di Sulawesi tenggara. Lolaka sudah cukup strategis insyaallah akan di bangun secapatnya.

“Lokasi pusat pantau hilal akan dibangun diatas lahan seluas 50×50 meter persegi yang merupakan hibah pemerintah Kabupaten Kolaka untuk kementerian agama. Kami apresiasi dukungan pemerintah setempat yang menghibahkan lokasi ini,” kata Lukman.

Lanjut ia mengatakanpenting untuk mementerian agama pasalnya pembangunan pusat pantau adalah salah satu data untuk melakihat penetapan awal bulan puasa.

“Kita akan banguan pusat pantau ini secara permanen. Karena jika tidak permanen maka petugas saat melakukan pemantauan kurangnyaman,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir, mengatakan selama ini, Kolaka menjadi salah satu titik pantau hilal yang menjadi referensi penentuan awal ramadhan.

“Semoga rencana ini secepatnya menjadi perhatian olehkementerian agama, karena yang kita harapkan ini dibangun Kemenag, sedangkan lahannya sudah disiapkan pemda Kolaka,” katanya(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top