KOLAKA TIMUR

Tahun Ini, Lima Fasilitas Kesehatan Akan Diakreditasi

Kadis Kesehatan Koltim, H. Zainuddin Boni.

KOLAKAPOS, Tirawuta–Sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah Kolaka Timur (Pemda Koltim) dalam meningkatkan kualitas fasilitas dan layanan kesehatan, tahun ini lima fasilitas kesehatan yakni puskesmas Mowewe, puskesmas Tirawuta, puskesmas Loea, puskesmas Ladongi Jaya dan RSUD Koltim, bakal diakreditasi oleh tim akreditasi pusat dari kementerian kesehatan republik Indonesia (Kemenkes-RI). Hal ini diungkapkan kepala dinas kesehatan (Kadiskes) Koltim Zainuddin Boni.
“Tahun ini empat puskesmas dan satu rumah sakit akan diakreditasi,” ungkap Zainuddin Boni saat ditemui awak media ini beberapa waktu lalu.
Untuk itu, guna menyukseskan program akreditasi pihaknya akan mulai melakukan pemantauan terhadap kelima fasilitas kesehatan tersebut, sehingga pada saat tim akreditasi turun menilai tak ada lagi kendala.
“Tim akreditasi pusat akan datang sekitar bulan Agustus, jadi kita upayakan agar kesiapan kelima fasilitas kesehatan tersebut dapat dipersiapkan semaksimal mungkin, agar hasilnya memuaskan. Kami juga akan selalu memantau kesiapan mereka,” ucapnya.
Menurut Zainuddin Boni, proses akreditasi merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap fasilitas kesehatan, sebab dapat mengetahui kualitas dan kuantitas sarana kesehatan tersebut apakah sudah sesuai standar atau belum. Selain itu dalam akreditasi nanti ada beberapa kriteria yang akan dinilai, sehingga kekompakan dan semangat personil dalam menghadapi akreditasi sangat dibutuhkan, sebab ada sekitar tujuh ratus item yang akan dinilai.
“Karena banyak hal yang harus disiapkan mulai dari sarana dan prasarana serta administrasi, maka kekompakan tim dari setiap puskesmas dan rumah sakit harus tetap solid, karena menghadapi akreditasi tidaklah mudah,” jelasnya.
Olehnya itu, Zainuddin berharap agar persiapan dalam menghadapi akreditasi semua pihak dapat memberikan suport, sehingga dalam proses akreditasi dapat berjalan dengan lancar seperti apa yang diharapkan. “Kita inginkan proses akreditasi dapat berjalan dengan lancar,” harapnya. (k9/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top