METRO KOLAKA

Butur Belajar Kebijakan H.Ahmad Safei

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kolaka Hj. Andi Wahida

KOLAKAPOS, Kolaka–Pemerintah Kabupaten Buton Utara belajar kebijakan keagamaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka. Bahkan beberapa Surat keputusan mengenai pembentukan Taman Tengajian Qur’an (TPQ), dan beberapa kebijakan lainya di bidang keagamaan juga dijadikan pedoman dalam melihat kebijakan H.Ahmad Safei.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kolaka Hj. Andi Wahida membenarka jika kabupaten Buton Utara telah meminta beberapa surat keputusan yang dikeluarkan oleh H.Ahmad Safei menganai pembentukan TPQ dan pemberian honor kepada guru TPQ di Kolaka.

“Memang hingga saat ini hanya Kolaka yang memberikan honor kepada guru TPQ, alhamdulilah kebijakan yang dilakukan oleh H.Ahmad Safei bersama dengan H. Jayadin saat ini telah dilirik oleh kabupaten lain di Kolaka. Banyak kabupaten yang ingin belajar di Kolaka dan Kabupaten Buton Utara yang pertama datang dan serius untuk melihat kebijakan itu,” katanya.

Lanjut ia mengatakan pada 2017 lalu di Kolaka ada sekitar 513 TPQ yang terbentuk, kemudian pada awal 2018 ini ada penambahan 98 TPQ untuk total keseluruhan TPQ di Kolaka 611 dari target 1000 TPQ selama lima tahun.

“Honor guru ngaji di Kolaka setiap bulanya mendapatkan Rp.250 ribu jika berada di desa maka honor tersebut melakat di ADD, jika TPQ ada di kelurahan maka honor berasal dari Bagian Kesra Kolaka,” tambahnya.

Menurut Andi Wahidah Tujuan pembentukan 1000 TPQ di Kolaka selama lima tahun oleh H.Ahmad Safei bertujuan agar generasi penerus di Kolaka semuanya bisa membaca Al-Quran. Jika anak usia dini di Kolaka semuanya bisa baca tulis Al-Quran, maka bisa di perkirakan kepribadian masyarakat Kolaka kedepan akan baik dan taat beribadah pada sang pencipta.

“Kebijakan beliau saat ini telah dilirik kabupaten lain. Harapan pemerintah kabupaten Kolaka hanya ingin semua masyarakat Kolaka bisa membaca Al-Quran,” tambahnya (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top