KOTA KENDARI

Daftar Tunggu Pemekaran 314 Daerah

KOLAKAPOS, Kendari–Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan,daftar tunggu usulan pemekaran atau otonom baru mencapai angka fantastis 314 daerah
setingkat provinsi, kabupaten/kota dari seluruh Indonesia.

Dikatakan, semangat pemekaran yang diperjuangkan elemen masyarakat patut diapresiasi namun harus dikendalikan secara baik oleh pemerintah.
Kemendagri memahami argumen perjuangan pemekaran untuk percepatan pembangunan dan percepatan pelayanan publik namun harus dirasionalisasi dengan kemampuan pembiayaan dan sumber daya manusia yang ada.
Sementara itu sebelumnya, Mantan Plt Gubernur Sulawesi Tenggara Saleh Lasata mengatakan pemerintah daerah bersama perwakilan masyarakat mengusulkan tujuh daerah calon pemekaran.

“Sulawesi Tenggara yang luas wilayahnya 153 ribu meter per segi yang terdiri dari kepulauan dan daratan salah satu faktor penghambat percepatan pembangunan dan pelayanan sehingga diusulkan pemekaran atau otonom baru,” kata Saleh Lasata.

Selain itu, kata dia, pemekaran daerah menambah potensi besaran dana perimbangan dari pemerintah pusat ke daerah-daerah di Sultra. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top