KONAWE SELATAN

Pentingnya Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan

Ilustrasi pelayanan kesehatan di Rumah Sakit.

KOLAKAPOS, Andoolo–Rumah sakit merupakan fasilitas kesehatan rujukan utama bagi masyarakat yang ingin memperoleh pelayanan kesehatan, baik untuk pengobatan maupun untuk pemulihan kesehatannya. Sebagai pusat rujukan kesehatan utama, rumah sakit dituntut mampu memberikan pelayanan yang komprehensif bagi setiap pasiennya.
Pelayanan kesehatan yang komprehensif adalah berbagai bentuk pelayanan yang diberikan kepada klien oleh suatu tim multi disiplin sesuai kebutuhan pasien. Sumber daya manusia (SDM) di rumah sakit, menjadi hal penting yang mendukung berkembangnya rumah sakit dan menjadi tolak ukur penting, dalam penilaian pengembangan mutu pelayanan di rumah sakit.
Nah, di Konsel RSUD yang dipimpin dr Boni Lambang Pramana, terus meningkatkan standar pelayanan dengan melakukan pembenahan sarana dan prasarana, serta peningkatan SDM untuk mencapai target akreditasi paripurna.
“Kami akan melakukan kegiatan pelatihan internal maupun eksternal, pada tenaga administrasi dan petugas pelayanan seperti dokter dan perawat. Para pegawai nanti kita kirim untuk mengikuti workshop, dalam peningkatan kuantitas maupun kualitasnya,” katanya.
Bahkan untuk peningkatan standar pelayanan, pihak RSUD tiap awal tahun selalu melakukan rekrutmen pegawai seperti pegawai medis, para medis dan non kesehatan sebagai pegawai tidak tetap, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk penunjang pelayanan yang lebih maksimal.
“Tiap tahun kita lakukan perekrutan, dan baru-baru ini kita lakukan perekrutan tenaga medis seperti dokter dan perawat yang totalnya berjumlah 153 orang,” terangnya.
Selain itu, dalam perekrutan pegawai RSUD telah sisesuaikan dengan APBD Konsel, untuk membiayai tenaga pegawai tidak tetap.
“Sedangkan proses perekrutan tenaga pegawai sesuai dengan SOP yang telah diatur, karena kita sudah mendapatkan akreditasi bintang satu,” tandasnya. (k5/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top