KOTA KENDARI

Ismail Lawasa : Sisa 13 % Warga Sultra Belum Miliki e-KTP

Net/ilustrasi

KOLAKAPOS, Kendari–Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) Provinsi Sulawesi Tenggara, Ismail Lawasa, mengatakan, baru 87 persen warga Sultra yang sudah memiliki KTP elektronik.

“Dari 1,8 juta warga wajib KTP, yang sudah memiliki KTP eletronik baru 87 persen,” kata Ismail Lawasa, di Kendari, Senin.

Dikatakan, 13 persen yang belum memiliki e-KTP akan menjadi target utama agar pada 2019 semua warga wajib KTP di daerah itu sudah memiliki KTP elektronik.

“Karena pada Pemilu 2019 nantinya yang bisa memilih adalah yang memliki KTP elektronik,” katanya.

Dikatakan, setiap saat pihaknya melakukan monitoring ke daerah-daerah untuk mengetahui masalah atau kendala yang terjadi sehingga perekaman e-KTP bisa maksimal.

“Yang jelas saat ini tidak ada masalah terkait blanko karena sudah tersedia di masing-masing kabupaten kota. Kalau persediaan blanko terbatas bisa langsung minta penambahan di pusat,” katanya.

Menurut dia, fakta di lapangan tidak ada kendala yang serius terkait keterlambatan pemenuhan capaian warga yang memiliki e-KTP.

“Karena kendala yang ada hanya faktor warga itu sendiri yang masih malas untuk melakukan perekaman data e-KTP. Mereka datang mengurus KTP kalau ada keperluan pengurusan administrasi yang membutuhkan syarat e-KTP,” katanya.(p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top