METRO KOLAKA

Lagi, USN Kolaka Tambah Dua Prodi Baru

KOLAKAPOS, Kolaka–Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka kembali menambah jumlah program studi (Prodi) baru. Teranyar, USN Kolaka punya tambahan dua program studi (Prodi), yakni S1 Ilmu Komputer dan Akademi Keperawatan (Akper).

Setelah keluar izin operasional dari Kemenristek-Dikti pekan lalu, kedua prodi tersebut dipastikan akan menerima mahasiswa baru (Maba) mulai tahun ini.

“Dengan keluarnya izin operasional Ilmu Komputer dan Akper maka USN saat ini memiliki 24 prodi. Dulu sebelum negeri hanya 12 prodi, jadi ada tambahan 50 persen pasca USN menjadi PTN pada 2014 lalu,” ungkap Wakil Rektor I USN Kolaka, Prof Ruslin Hadanu, kemarin (20/2).

Dikatakannya, prodi Ilmu Komputer saat ini bergabung pada Fakultas Teknologi Informasi, yang secara otomotis akan menambah jumlah prodi yang ada di fakultas tersebut. Sedangkan DIII Akper akan berdiri sebagai sekolah vokasi di USN Kolaka.

Khusus Akper, lanjut Ruslin, proses pengalihan status kepemilikan dari Akper Pemda Kolaka kepada Kemenristek Dikti sudah dilakukan sejak November 2017 lalu. Peralihan tersebut mengacu pada undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemda. Regulasi yang kemudian ditindaklanjuti dengan berbagai aturan menyebut, Pemda tidak boleh lagi menangani urusan pendidikan tinggi.

“Jadi, memang peralihan Akper itu sudah ada sejak tahun lalu, hanya saat itu masih menunggu legal formal. Nah, legal formalnya keluar setelah adanya izin opresional yang keluar 13 Februari 2018 lalu. Jadi namanya sekarang Akper USN Kolaka, bukan lagi Akper Pemda Kolaka” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Rektor USN Kolaka Dr. Azhari mengatakan resmi beroperasinal Akper di bawah naungan USN, merupakan salah satu kebanggaan bagi masyarakat Kolaka yang patut diapresiasi. “Sebab dari sekian Akper Pemda setempat yang kemudian diusulkan beralih status di bawah naungan PTN, Alhamdulillah berjalan sesuai harapan. Bahkan di se-Sulawesi Akper di bawah naungan PTN hanya ada di USN Kolaka. Sedangkan se-Indonesia hanya ada dua Akper lainnya,” jelasnya. (kal/hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top