BOMBANA

DLH Gelar Sosialisasi KLHS

Suasana sosialisasi KLHS.FOTO:Haliqfat/Kolaka pos

KOLAKAPOS, Rumbia–Dinas lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Bombana menggelar sosialisasi Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Rabu (21/2) di aula kantor Bupati.

Kegiatan yang bertajuk menyamakan persepsi semua Pihak, serta mengetahui tujuan dan manfaat KLHS bagi perencanaan dan pelaksanaan Pembagunan di hadiri oleh Sekretaris daerah Bombana dan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD) serta Lembaga Sosial Masyarakat (LSM).

Sekda bombana Burhanudin Hs Noy menjelaskan, selama ini permasalahan lingkungan yang ada di tengah masyarakat semakin meningkat. Hal itu karena adanya tuntutan kehidupan sosial ekonomi baik pada arah lokal, nasional bahkan global sehingga cenderung memengaruhi lingkungan, Dengan kondisi tersebut perlu di lakukan upaya yang bersifat strategis sebelum menentukan Kebijakan Rencana dan Program (KRP).

Lanjutnya, penyusunan tata ruang maupun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah (RPJPM) yang memiliki peluang untuk menyempurnakan kebijakan yang akan di keluarkan dengan tujuan tercapainya visi misi tanpa menimbulkan implikasi terhadap lingkungan hidup,terlebih dahulu KLHS sebagai bahan baru harus terlebih dahulu di lakukan.

“Sebelum menentukan kebijakan untuk melakukan rencana dan program Pemda bombana harus lebih dulu mengedepankan faktor lingkungan upayanya yakni KLHS.
Untuk mempertimbangkan masalah keseimbangan antara ekonomi, sosial dan lingkungan, keterkaitan antara sektor satu dengan sektor lainnya,” ujar mantan Kadis Perhubungan Provinsi Sultra itu.

Dengan kegiatan sosialisasi ini dirinya mengharapkan pada semua peserta sosialisasi untuk mengikuti secara seksama agar bisa memahami tentang KLHS sebagai patrol dalam menentukan kebijakan yang mengarah pada rencana program untuk pembangunan di wilayah Kabupaten Bombana. (K6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top