BERITA UTAMA

Dana Kampanye SMS Terbanyak

Laporan awal dana kampanye calon bupati dan wakil bupati Kolaka.

Abdul Rauf: Dana Kampanye tak Boleh Lebih 16 M

KOLAKAPOS, Kolaka–Dalam laporan dana awal kampanye dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati 2018 Kolaka yang dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka, pasangan nomor urut 1 Ahmad Safei-Muh. Jayadin (SMS-Berjaya) memiliki saldo kas terbesar dibanding pasangan nomor urut 2 Asmani Arief-Syahrul Beddu.
Dalam laporan itu, penerimaan dana pasangan SMS berjaya berjumlah 500 juta Rupiah. Dan pengeluaran nya pada periode 8 januari-12 Februari sudah 348 juta rupiah lebih, dan saldo kas masih tersisa sekitar 151 juta rupiah lebih.
Sementara untuk penerimaan dana pasangan BERANI-SB dilaporkan belum mendapatkan penerimaan baik sumbangan maupun dari pihak lain. Meski demikian dilaporkan pula, untuk pasangan ini sudah mengeluarkan sebesar 130 juta rupiah, dan saldo kas masih tersisa 1 Juta rupiah.
Komisioner KPU kabupaten Kolaka bidang Hukum dan Pengawasan, Abdul Rauf pada Kamis (22/02) membenarkan adanya laporan awal dana kampanye kedua calon tersebut.
“Iya sudah ada laporan nya, bahkan sudah kita tempel di papan pengumuman, kita transparansi kan,” papar Rauf.
Dalam aturannya kata Rauf, kedua pasangan calon tidak boleh menghabiskan anggaran atau dana kampanye lebih dari 16 milyar rupiah. “Batasannya mereka tidak boleh lebih dari 16 Milyar, kalau lebih maka itu masuk kategori pelanggaran,” ujar Rauf.
Rauf juga mengatakan, pelaporan dana kampanye tersebut nantinya akan dilakukan sebanyak 3 tahapan, dan akan diaudit oleh Akuntan dan diawasi oleh Panwaslu. “Nanti sampai tiga kali pelaporan nya, itu juga akan diaudit oleh akuntan dan diawasi oleh panwaslu,” terangya.
Selian itu kata Rauf kedua pasang calon juga akan melampirkan bukti-bukti pendukung dalam laporan dana kampanye nya. (Cr4/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top