BERITA UTAMA

Anggota Komisioner dan PPK Kolaka Akan Berkurang

Struktur kelembagaan KPU Kolaka

Priode 2019-2024

Dulu Lima Nanti Sisa Tiga

KOLAKAPOS, Kolaka–Jumlah anggota Komisoner Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka untuk periode 2019-2024 nanti berkurang dari 5 orang menjadi 3 orang, hal sama juga akan terjadi pada anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang kuotanya juga mengalami pengurangan dari 5 orang menjadi 3 orang.
Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang baru-baru dikeluarkan terkait komposisi penyelenggara dalam kelembagaan pemilihan umum.
Komisioner KPU Kolaka, Abdul Rauf membenarkan adanya pengurangan komposisi di penyelenggara pemilu tersebut. “Ya itu rujukannya di UU No 7 Tahun 2017 yang baru, nanti Komisoner tinggal tiga orang begitu juga PPKnya,” papar Koordinator bidang Hukum dan Pengawasan KPU Kolaka itu.
Kata Rauf, pemberlakuan itu untuk perekrutan komisioner periode 2019 mendatang. “Kalau sekarang memang masih lima orang dan akan berakhir di 2019, jadi nanti Komisoner baru hanya tiga saja yang direkrut,” ujarnya.
Sementara untuk PPK kata Rauf, jumlah lima orang yang ada saat ini masih akan bertahan hingga selesainya tahapan pilkada serentak. “Kalau PPK sampai pilkada serentak masih tetap lima, tetapi setelah itu akan dikurangi tinggal tiga saat memasuki tahapan pilcaleg dan pilpres,” paparnya.
Pengurangan jumlah PPK lanjut Rauf akan dilakukan dengan cara mengevaluasi PPK yang ada. “Makanya nanti ada evaluasi untuk pengurangan itu,” tuturnya.
Lanjutnya pengurangan itu berdasarkan undang-undang yang baru tersebut.
“Jadi ada pengurangan jumlah penyelenggara menjadi tiga orang berdasarkan jumlah hak pilih. Kalau hak pilihnya lebih dari 500 ribu maka penyelenggaranya lima orang kalau kurang dari itu hanya tiga orang. Kalau Kolaka kan jumlah hak pilihnya hanya berkisar 160 ribu jadi sesuai UU No tahun 2017 hanya tiga orang,” jelasnya.(Cr4/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top