BERITA UTAMA

Dr. Amir Sahaka Tokoh PAN Kolaka : Pemecatan Rajiun Bentuk Kesewenangan ADP

KOLAKAPOS, Kolaka–Tokoh PAN Kolaka Dr Amir Sahaka menyayangkan tindakan yang dilakukan DPW PAN Sultra yang menonaktifkan Rajiun Tumada sebagai Ketua DPD PAN Muna Barat (Mubar).

Mantan Ketua DPD PAN Kolaka ini menilai tindakan menonaktifkan Ketua DPD PAN Mubar itu merupakan bentuk ketidakdewasaan dan kesewenangan Adriatma Dwi Putra (ADP) selaku Sekretaris DPW PAN Sultra.

“Saya lihat dari segi pengendalian emosi belum terlalu mantap dia (ADP). Harusnya jika ada problem diselesaikan dulu secara internal. Jangan langsung ada tindakan (pemecatan) seperti itu,” ujarnya.

Dia melihat, konflik antara ADP dengan Rajiun terlalu cepat merambat keluar sehingga persoalan itu dipanas-panasi dengan media. “Akhirnya disikapi dengan ketidakdewasaan itu,” ujar Amir Sahaka melalui sambungan WhatsApp, Jumat 23 Februari 2018.

Mantan Wakil Bupati Kolaka ini mengatakan, sewaktu DPW PAN Sultra dibawah nahkoda Nur Alam adem-adem saja. Bahkan kejadian seperti ini nyaris tidak pernah ditemukan. Karena apabila ada masalah di unsur partai selalu diselesaikan secara internal sesuai ADRT.

“Sewaktu saya menjadi Ketua PAN di Kolaka sering terjadi perbedaan pandangan seperti itu. Tapi tidak pernah kita umbar keluar. Kita dipanggil dengan pak Nur Alam, biasa melalui telepon untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi secara internal,” ungkapnya menambahkan.

Amir Sahaka juga menilai, mekanisme pemecatan Rajiun Tumada sebagai Ketua DPD PAN Mubar sangat mungkin akan dianulir. Karena, kata pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan penasehat DPD PAN Kolaka ini, pemberhentian Ketua DPD PAN di daerah harus melalui persetujuan DPP PAN Pusat.

“Mekanismenya seperti itu, pemberhentiannya (Rajiun Tumada) harus melalui persetujuan pusat. Artinya tidak boleh ada kesewenangan seperti itu, harus sesuai ADRT. Karena pemberhentian tanpa melalui persetujuan DPP itu tidak ada dasar hukumnya,” jelasnya. (kal/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top