KONAWE SELATAN

Dua Tahun Pimpin Konsel, “Surunuddin-Arsalim Bawa Banyak Perubahan

Bupati Konsel, Surunuddin didampingi Wabup Konsel, Arsalim Arifin saat memberikan sambutan terkait dua tahun keberhasilan SUARA.FOTO:Sapruddin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Tepat sudah dua tahun H. Surunuddin Dangga dan Arsalim Arifin menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konsel. Dibawah kepemimpinannya, kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mengalami banyak perubahan.

Hal itu terlihat dalam visi misi yang diterapkan membuat angka kemiskinan menurun sebesar 2 persen.

Selama dua tahun perjalanan pemerintahan akronim “Suara” ini , beberapa indikator mengalami kenaikan siginifikan dimulai progress pertumbuhan ekonomi, asfek pembangunan serta infrastruktur, pelayanan kesehatan dan tingkat kepuasan publik serta bidang lain banyak mengalami kemajuan, serta
menurunnya angka kemiskinan dari 13% jadi 11 persen di tahun 2017 sesuai data BPS.

Indikator keberhasilan tersebut, diantaranya di setujuinya Akses jalan ruas Moramo – Laonti melalui SM Tanjung Peropa dan Hutan Lindung, yang mana sudah puluhan tahun di perjuangkan oleh pemerintahan sebelumnya, pendirian pabrik kelapa sawit di Kecamatan Laeya, pabrik simelter nikel di Tinanggea, serta ratusan kilometer jalan penghubung utama yang teraspal, salah satunya ruas jalan Benua – Basala.

Selain itu beberapa pembukaan jalan baru, untuk di bidang pariwisata memprakarsai pencanangan Desa Wisata Namu dan Rawa Aopa jadi kawasan eko wisata kuliner dan budidaya pohon sagu bagian dari ketahanan pangan.

Bidang kesehatan meningkatkan Akreditasi RSUD Konsel menjadi RS Type B sebelumnya Type C, serta meningkatkan pelayanan, tenaga medis dan infrastruktur Puskesmas Kecamatan menjadi Puskesmas berstandar RS, yang bisa jadi rujukan di 5 Kecamatan yakni Tinangga, Laeya, Moramo, Konda, Ranomeeto.

di bidang peternakan dan pertanian dijadikannya Konsel sebagai pusat Bibit Sapi nasional yang di canangkan oleh Mentan Amran Sulaiman, perkebunan Kedelai dan jagung serta tebu yang rencananya akan di bangun Pabrik Gula, serta mampu menambah kuota penerimaan bantuan PKH Kemensos dari 8.000 jadi 23.614 KPM Tahun 2018 berkat loby yang intens kepada Mensos Khofifah Indar Parawansa.

Serta, pertama kalinya sejak Konsel terbentuk memperoleh hasil penilaian dari auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK- RI) dalam tata kelola keuangan pemerintahan dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

teranyar menerima penghargaan dari Menpan RB Asman Abnur dengan predikat type B dalam pengelolaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (Sakip), juga di berikannya penghargaan sebagai salah satu Tokoh Sultra berpengaruh dan memiliki inovasi dalam peningkatan pembangunan di Konsel oleh salah satu Media Cetak terbesar di Prov Sultra, dan beberapa karya lainnya.

Diungkapkan Bupati Konsel H. Surunuddin di sela-sela kegiatan Ekspose, bahwa masih banyak program yang akan terus di optimalkan, salah satunya untuk meningkatkan potensi di bidang wisata pada Tahun 2018, tiga daerah yang telah di canangkan menjadi kawasan wisata seperti Desa Wisata Namu, Air terjun Moramo dan Taman Nasional Rawa Aopa.

“Kita akan tingkatkan infrastrukturnya, yang lebih lengkap dan memadai sehingga dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung dan telah di anggarkan melalui APBD 2018. Pencapaian kita ini tidak akan berhenti sampai disini saja, melainkan kita akan terus tingkatkan lagi,” ungkapnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top