BERITA UTAMA

Tangkal Peredaran Narkoba, Polres Muna Beri Edukasi Anti Narkoba

KOLAKAPOS, Raha–Data polres Muna menunjukkan prevalensi atau penyalahguna Narkotika di Kabupaten Muna sekitar 1,5 persen hingga 2 persen dari jumlah penduduk. Jadi, masih ada sekitar 98 persen penduduk Muna yang belum menyalahgunakan obat haram tersebut. Olehnya itu, polres Muna memberikan pemahaman serta edukasi dengan harapan kegiatan tersebut memiliki daya tangkal terhadap masyarakat untuk tidak menyalahgunakan obat haram tersebut.

Kapolres Muna AKBP Agung Ramos P Sinaga mengungkapkan, dengan banyaknya pengungkapan kasus tindak pidana narkoba dan disitanya barang bukti narkoba jenis sabu-sabu dari satu ton, 1,6 ton dan terakhir 2,6 ton oleh tim Kepolisan RI, menunjukan peredaran obat haram tersebut di Indonesia makin meningkat. Olehnya itu, pemberantasan dan pencegahan harus dilakukan seimbang dan simultan. “Rumah Edukasi Anti Narkoba inilah yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan, edukasi dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba,” ujar Ramos usai menerima kunjungan puluhan pelajar SMP, Siswa SMA dan Mahasiswa KKN UHO di Rumah Edukasi Anti Narkoba di Makopolres Muna pada akhir pekan lalu.

Lanjut perwira Polri berpangkat dua bunga melati dipundak ini mengatakan, didalam Rumah Edukasi Anti Narkoba itu, masyarakat diperkenalkan dan diperlihatkan langsung secara visual seperti, penjara bagi pengedar, peti mati yang terkena penyakit, patung dan poster-poster tentang pengetahuan bahaya dan akibat penyalahgunaan narkoba.

“Ada personil polwan yang mengawaki, menjelaskan dan menerima konseling bagi pengunjung yang memiliki masalah tentang narkoba. Tempat ini dibuka untuk masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa. Waktu kunjungan yakni dibuka tiap hari mulai jam 09:00 wita hingga jam 16:00 wita,” pungkasnya. (m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top