METRO KOLAKA

Warga Keluhkan Kwalitas PDAM Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka–Warga dari kelurahan Lamokato, mengeluhkan kualitas suplai air bersih dari PDAM Kolaka, yang hingga saat ini kuning. Kondisi tersebut telah berlangsung kurang seminggu dan sejauh ini dinilai belum ada penangganan yang serius dari PDAM.

Keluhan itu diungkapkan Abdul warga Jalan Dr. Sutomo kelurahan Lamokato Menurutnya untuk debit air yang diterima mencukupi dan itu tidak menjadi persoalan. Tapi, yang menjadi permasalahan, lanjutnya, justru air yang keluar tidak jernih dan agak kotor, sehingga terkesan tak layak konsumsi sama sekali.

“Kami sudah pernah melaporkan kondisi air tersebut ke Kantor PDAM beberapa waktu lalu. Petugas waktu itu berjanji akan menindaklanjutnya. Tapi, sampai hari ini mereka tak kunjung datang. Bahkan hingga saat ini air masih keruh, kamipun tidak mengetahui apa penyebab air bisa keruh,” ujarnya.

Sementara itu Fadli mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, sudah seminggu hari lalu, kualitas air bersih dari PDAM berwarna kekuning-kuningan dan berkeruh, sehingga setiap malam, dia harus menampung beberapa ember air agar dapat digunakan pada pagi hari.

“Air yang saya pisahkan dari bak air ini, harapannya dapat digunakan mandi pagi hari saat kami berangkat kerja serta sebagian digunakan untuk memasak dan mencuci. Tapi, kalau dalam bak, sama saja, karena daya tampungnya banyak, sehingga air tetap mengguning dan tak layak pakai,” sebutnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top