BERITA UTAMA

Bokeo Mekongga Apresiasi Pemda Kolaka

Raja (Bokeo) Mekongga H. Khaerun Dahlan bersama dengan Permaisuri Hj. Siti Arjuna S.Pd.SD.FOTO:Ist/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Raja (Bokeo) Mekongga H. Khaerun Dahlan mengapresiasi pemerintah daerah (Pemda) Kolaka dalam memberikan perhatian kepada kebudayaan Mekongga yang merupakan warisan leluhur suku Mekongga di Kolaka. Sehingga budaya Mekongga sampai saat ini masih tetap ada dan terus dilestarikan.

“Perhatian Pemda sudah begitu besar hanya belum maksimal dan harus ditingkatkan lagi, saya kira kita sudah rasakan semuanya bahkan beberapa pemangku adat sudah mendapatkan ucapan terimaksaih dari pemerintah kabupaten berupa dana setip bulanya,” ucap Raja Mekongga H. Khaerun Dahlan kepada media ini Selasa (27/2).

Menurut Raja Mekongga yang ke-13 ini, saat ini usia Kolaka semakin dewasa, sehingga peran pemerintah dalam menjaga dan melestarikan budaya Mekongga sangat diharapkan. Apalagi perkembangan zaman yang terus berkembang dan semakin hari terus mempengaruhi budaya itu sendiri.

” Perkembangan teknologi saat ini tidak bisa kita hindari, sehingga peran Pemda dalam menjaga warisan leluhur ini harus sepenuhnya dilakukan, agar tidak berdampak buruk kepada regenerasi kita kedepan yang melupakan budayanya ” pintanya.

Sehingga melalui prioritas program utama Pemda Kolaka terkait kebudayaan Mekongga harus diberikan porsi yang lebih besar lagi, sehingga budaya yang ada bisa terpelihara, terlestarikan dan terus ditingkatkan lagi seperti apa yang kita harapkan bersama. Apalagi saat ini rumah raja belum ada, terkadang para pengunjung dari luar daerah sering menanyakan keberadaan rumah raja. Sehingga kedepan ini yang akan kita upayakan agar segera dibuatkan, karena akan menjadi salah satu simbol dan ikon budaya Mekongga itu sendiri.

“Sebagai raja yang memberikan fatwa dan menyetujui apa yang akan dilakukan atau dilaksanakan terkait budaya. Apalagi banyak cagar budaya yang harus terus dipelihara dan harus terekspos keluar sehingga lebih dikenal oleh masyarakat dari luar dapat mengetahui tentang budaya kita, dan berkunjung ke sini ” jelasnya.

Olehnya itu, Khaerun berharap melalui momen hari jadi Kolaka yang ke-58 tahun, budaya Mekongga terus terpelihara dengan baik dan masyarakat Kolaka semakin sejahtera dan lebih maju.

“Saya berharap Kolaka menjadi ikon budaya yang ada di Sultra,” harapnya. (K9-hud/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top