BERITA UTAMA

Di Koltim Baru Empat Kecamatan ,Menyetorkan LPJ Dana Desa 2017

KOLAKAPOS, Tirawuta–Entah apa sebabnya para kepala desa (Kades) di Kolaka Timur (Koltim) belum semuanya menyetorkan laporan pertanggungjawaban (LPJ) dana desa (DD) tahun 2017 lalu. Padahal seharusnya LPJ tersebut harus sudah distorkan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Koltim pada awal Januari, namun berdasarkan data Dinas PMD Koltim dari 117 desa yang tersebar di 12 kecamatan se-Koltim baru empat kecamatan yang sudah masuk LPJnya.
Kepala dinas PMD Koltim melalui Kabid Pemdes Ahmad Handoko mengatakan, saat ini baru empat kecamatan yang sudah menyerahkan LPJnya yaitu kecamatan Dangia, kecamatan Poli-polia, kecamatan Mowewe dan kecamatan Lalolae. Untuk kecamatan lainya belum keseluruhan menyerahkan, sehingga pihaknya harus bekerja ekstra keras dan berhati -hati dalam merampungkan semua LPJ tersebut. ” Saat ini laporan realisasi dana desa 2017 dari para kades sampai sekarang belum semua masuk, padahal awal Maret BPKP akan melakukan pemeriksaan dana desa di Koltim, namun LPJ kades masih terkendala ” tuturnya saat ditemui media ini Senin (26/2).
Handoko mengaku belum mengetahui persis apa yang menjadi kendala sehingga LPJ dana desa menjadi terlambat, sehingga pihaknya akan turun ke desa-desa menjemput LPJ tersebut. ” Kami sebelumnya telah turun ke desa-desa, namun kenyataanya masih banyak desa yang belum juga membuat LPJ. Dan kami juga belum mengetahui persis apa yang menjadi kendala para Kades untuk membuat LPJ. Karena yang harus di ingat bahwa awal maret BPKP akan melakukan pemeriksaan dana desa, dan tidak ada alasan para Kades untuk tidak membuat laporan tersebut ” jelasnya.
Sehingga Handoko menghimbau kepada semua Kades agar secepatnya merampungkan laporannya, agar pada saat pemeriksaan tak menemui kendala. ” Kita harapkan akhir Pebruari semua LPJ telah rampung ” harapnya (K9/c//hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top