METRO KOLAKA

HUT Ke 58 Kolaka , DPRD Kolaka Rapat Pariputna Istimewa

Suasana Rapat paripurna unsur pimpinan memakai pakaian adat.FOTO:Mirwanto/Kolaka Pos

Unsur Pimpinan Gunakan Pakaian Adat

KOLAKAPOS, Kolaka–Memperingati Hari Ulang Tahun ke 58 Kabupaten Kolaka, DPRD Kolaka menggelar Rapat Peripurna Istimewa yang dihadiri seluruh Anggota DPRD, Pjs. Bupati Kolaka, Masmuddin, dan Muhammad Jayadin Wakil Bupati Kolaka yang cuti, Forum Komunikasi pimpinan Daerah, Tokoh-tokoh Masyarakat, dan Instansi SKPD. Rapat Parpurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kolaka, Parmin Dasir didampingi Wakil Ketua I dan II, Sudirman dan Syakhruddin berlangsung khidmad dan lancar di aula Sidang Paripurna Gedung DPRD Kolaka pada Selas, (27/02).

Ada yang berbeda kali ini dalam rapat paripurna tersebut yaitu seluruh unsur pimpinan DPRD dan anggota DPRD menggunakan pakaian Adat, begitu juga dengan Pj. Bupati Kolaka. Parmin Dasir menggunakan pakaian adat Mekongga, Sudirman memakai pakaian adat Suku Toraja, sementara Syakhruddin memakai pakaian adat Bugis, sedangkan skeretaris DPRD Kolaka memakai pakaian adat Jawa. Dan Pj. Bupati Kolaka sendiri memakai pakaian suku tolaki, sementara anggota DPRD menggunakan baju dengan bahan kain adat khas suku Mekongga.

Ketua DPRD Kolaka, Parmin usai acara tersebut mengatakan, bahwa hal tersebut memang kali pertama dalam sidang paripurna DPRD Kolaka dengan untuk melestarikan adat dan budaya dan juga menunjukkan pesan keragaman budaya yang ada di Kolaka.

“Inilah adalah kecintaan kita kepada daerah kita Kolaka, selain itu ini juga salah satu wujud dalam melaestarikan kearifan lokal, dan buaya yang beragam,” papar Parmin Dasir.

Sebelumnya dalam sambutannya, Ketua DPRD Kolaka, Parmin Dasir memaparkan di usia ke 58, Kabupaten Kolaka sudah berada dalam kondisi matang dengan berbagai pengalaman dan cobaan telah dilewati, untuk itu langkah maju harus diwujudkan.

“Kita telah banyak melewati berbagai macam kondisi, pahit manis dan getar getir perjalanan kehidupan dan perkembangan daerah Kabupaten Kolaka. Saya berkeyakinan banyak, yang hadir dalam sidang paripurna ini bisa menjadi saksi sejarah perjalanan kabupaten Kolaka terutama bagi kita yang memiliki usia yang lebih dari 58 tahun, yang artinya melebihi usia kabupaten Kolaka. Langkah maju yang harus kita wujudkan dalam program pembangunan di kabupaten Kolaka, baik jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang, yaitu mempercepat pertumbuhan ekonomi yang merata dan berkesinambungan bagi seluruh rakyat kabupaten Kolaka dengan upaya peningkatan taraf hidup masyarakat yang harus ditingkatkan, sehingga dapat terwujud masyarakat yang berkeadilan dan sejahtera,” papar Parmin dalam sambutannya.

Di kesempatan itu pula, DPRD Kolaka megucapakan terima kasih kepada Pemda Kolaka dalam upayanya meningkatakan pembangunan di Kolaka selama ini.

“Kami dari pimpinan dan Anggota DPRD mengucapkan Dirgahayu terima kassih kepada pemerintah daerah beserta seluruh jajaranya yang telah bekerja keras dalam upaya peningkatan pembangunan di Kabupeten Kolaka, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang telah dirasakan manfaatnya sekarang ini. Belumlah sempurna sebagaimana yang diharapkan tetapi kita bertekad, bersama untuk tetap berusaha semaksimal mungkin dengan melibatkan semua pihak khususnya partisipasi masyakat kabupaten Kolaka. Oleh karena itu, sosialiasi dan komunikasi tepat dengan masyarakat kiranya dapat ditingkatkan, sehingga sembilan program prioritas bupati kolaka dapat diwujudkan. Dirgahayu Kabupaten Kolaka yang ke 58,” ungkapnya.

Sementara itu Pj. Bupati Kolaka, Masmuddin dalam Rapat memaparkan sejumlah Keberhasilan Program pemerintah Kolaka selama ini. Diusia ke 58, kata Masmuddin capaian Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Kolaka meningkat.

“Pada tahun 2014 PDRB atas dasar harga belaraku tahun 2014 sebesar 15,29 Trilyun Rupiah ditahun 2016 meningkat menjadi 18,36 Trilyun Rupiah atau naik sebesar 20,11 persen,” paparnya

Dalam kesempatan itu juga, sebagai penyelenggara pemerintah, Masmuddin, mengharapkan seluruh komponen masyarakat agar dalam menghadapi pesta demokrasi selalu menjaga persatuan da kedamaian dan dia juga mengingatkan agar PNS tetap menjaga netralitas dalam Pilkada nanti. (cr4/hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top