BERITA UTAMA

LSM : Infrastruktur Kolaka Semakin Maju

KOLAKAPOS, Kolaka–Memasuki usianya yang ke-58 tahun, perkembangan sarana dan prasarana dikabupaten Kolaka setiap tahunnya terus maju dan semakin berkembang. Apalagi dengan kehadiran pemimpin daerah yang dinakhodai oleh bapak H.Ahmad Safei bersama bapak H Muhammad Jayadin selama tiga tahun terakhir ini, nampak kemajuan disegala bidang dapat dirasakan oleh masyarakat Kolaka. Hal ini diakui ketua lembaga swadaya masyarakat (LSM) FORSDA Sultra Jabir Lahukuwi.

Menurutnya, kemajuan infrastruktur di Kolaka saat ini terus berkembang pesat, ini terbukti dengan dibangunnya jalanan jalur dua yang menghubungkan beberapa kelurahan di pusat kota Kolaka. Selain itu pembangunan rumah sakit tipe B yang proses pembangunan sementara dikerjakan yang merupakan investasi Kolaka kedepannya, sehingga masyarakat Kolaka nantinya yang akan berobat tidak mesti lagi harus keluar daerah karena di Kolaka sudah ada rumah sakit yang moderen.

“Ini adalah bukti keberhasilan Pemda Kolaka dalam hal peningkatan infrastruktur di Kolaka,” ungkap Jabir.

Selain itu, kata Jabir salah satu keberhasilan Pemda Kolaka saat ini yaitu sedang membangun pelabuhan kapal Pelni yang akan memajukan perekonomian di Kolaka, karena peningkatan suatu daerah jika sudah ada pelabuhan Pelninya. Hanya saja jika melihat dari sumber daya alam (SDM) yang ada dikolaka cukup besar sehingga harus terus digenjot kedepannya. Apalagi Kolaka berada dijazirah tanjung Bone jadi peningkatan ekonomi sangat memungkinkankan karena letaknya yang strategis.

“Peningkatan ini harus terus digenjot siapapun jadi bupati, karena agenda pembangunan yang telah dilaksanakan oleh bapak Safei dan bapak Jayadin harus tetap dilanjutkan. Sehingga kedepan jika kapal Pelni sudah bisa berpungsi berarti Kolaka sudah bisa disejajarkan dengan kota Makassar ” jelasnya.

Namun di sisi lain, lanjut Jabir Pemda Kolaka juga harus lebih meningkatkan budaya lokal, artinya kedepan kalau Kolaka ingin maju dibidang pariwisata yang harus dikembangkan duluan adalah budaya lokal, sehingga dapat memancing wisatawan untuk hadir karena nilai-nilai lokal yang ada.

“Nilai-nilai lokal saat ini harus lebih ditingkatkan lagi demi kemajuan Kolaka” tutupnya.(k9-hud/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top