KOTA KENDARI

Syam Alam Kadis Perdagangan Koperasi : Ratusan Koperasi Mati Suri

KOLAKAPOS, Kendari–Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Syam Alam, mengatakan tercatat sebanyak 179 koperasi di daerah itu yang sudah tidak aktif atau mati suri.
Ditanya penyebab, dia menilai keterbatasan sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu penyebab ratusan koperasi di daerah itu mati suri.

“Hasil pendataan dan evaluasi kami, kendala koperasi tidak aktif karena masalah sumber daya manusia pengelola yang tidak memadai,” kata Syam Alam, di Kendari, Minggu.

Disebutkan, tercatat sebanyak 179 koperasi di daerah itu yang sudah tidak aktif atau mati suri.

“Hasil pendataan kami terdapat 693 unit koperasi di Kendari, dari jumlah itu terdapat 179 yang tidak aktif atau tidak pernah lagi menyelenggarakan kegiatan rapat umum anggota,” katanya.

Kepada koperasi yang tifak aktif tersebut kata Syam Alam, masih akan dberi kesempatan untuk mendapatkan pembinaan dari dinas terkait.

“Caranya kami akan memberikan pelatihan manajemen pengelolaan koperasi, sehingga mereka tidak mengelola koperasi seperti manajemen tukang sate,” katanya.

Syam Alam juga tidak menampik jika ada yang buat koperasi hanya membidik bantuan saja, setelah itu tidak ketahuan rimbanya. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top