BOMBANA

BLH dan PP Siapkan 10 Ribu Bibit Pohon Gratis

KOLAKAPOS, Rumbia–Komitmen Pemerintah Kabupaten melalui Balai Lingkungan Hidup dan Pertamanan Pemakaman (BLH dan PP) Kabupaten Bombana dalam menjaga lingkungan yang hijau dan sejuk terus di lakukan. Upaya itu ditandai dengan adanya penyediaan 10 ribu bibit pohon gratis terhadap masyarakat.

Kepala BLH dan PP Siti Sapiah  mengatakan, 10 ribu bibit pohon ini terdiri dari pohon jati, tranbesi, cendana dan mohon. Meski total masing-masing pohon tidak dijelaskan secara detail berapa jumlahnya, dirinya merasa puas terhadap antusias masyarakat dalam memanfaatkan bibit pohon ini. Hal itu dikarenakan distribusi bibit pohon ini sangatlah mudah dan gratis.

“Masyarakat datang ke kantor dan hanya melaporkan untuk mengambil bibit lalu dengan laporan masyarakat itu kami tindak lanjuti berupa berita acara saja,” ungkap mantan guru SMAN 4 Kendari itu di halaman kantornya,Selasa (16/1).

Lanjutnya, dalam satu minggu ini bibit pohon yang sudah didistribusikan pada masyarakat sudah mencapai 2000 ribu. “Berdasarkan informasi masyarakat, selain ditanam di pekarangan rumah ada juga di tanam di kebun”rata-rata bibit pohon jati yang di tanam di kebun,” singkatnya.

Ia menambahkan, pula asal bibit sebanyak ini di peroleh dari daerah tetangga yakni Konawe Selatan (Konsel).”Bibit itu saya ambil di Konsel secara gratis, hanya biaya transpor dan pengangkutan yang saya bayar, ” tambahnya.

Pada kegiatan pengadaan bibit gratis ini kata Sitti Sapiah sudah berlangsung tiga tahun dimulai sejak tahun 2015 lalu, alhasil banyak masyarakat yang mengambil bibit yang kamisediakan
“rata-rata bibit yang paling banyak di mintai itu bibit pohon jati,”tuturnya. (k6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top