KOTA KENDARI

KKP Kendari Sosialisasi Karantina

KOLAKAPOS, Kendari–Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Kendari, Sulawesi Tenggara, menggelar sosialisasi program kekarantinaan di Kota Baubau sebagai upaya meningkatkan pengawasan dan pelayanan lalu lintas alat angkut laut di wilayah pelabuhan daerah itu, Kamis.

Sosialisasi yang dihadiri KUPP Baubau, polsek KP3, Sub Denpom Baubau, Dishub Baubau, Dinkes Baubau, Koramil Wolio, Stasiun Radio Pantai Baubau, PT Pelni, PT ASDP Baubau, dan perusahaan swasta di pelabuhan Baubau itu menghadirkan beberapa instansi terkait sebagai pemateri.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Kendari, Jufri Sade mengatakan tujuan sosialisasi yang dilakukan KKP sebagai upaya agar semua stakehokder di wilayah pelabuhan dapat menyamakan persepsi dan memahami pengertian tentang kekarantinaan itu.

“Ini yang harus dipahami para keagenan kapal sebagai lintas sektor, bahwa kalau sebuah kapal dalam kondisi karantina itu berarti harus ada perlakuan-perlakuan kesehatan,” katanya.

Karena, lanjut dia, apa yang dirasakan saat ini dalam tindakan-tindakan karantina hampir belum menyentuh secara efektif terutama tindakan penyehatan kekarantinaan yang meliputi pemeriksaan dokumen, pemeriksaan orang, pemeriksaan alat angkut, dan pemeriksaan faktor resiko diatas kapal.

“Seperti alat angkut itu dilihat faktor resiko penyehatannya apakah ada tikus, kecoa, maupun lalat. Kalau itu ada maka dilakukan atau direkomendasikan tindakan penyehatan,” katanya. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top