KOTA KENDARI

Pemkab Butur Habiskan Anggaran Rp 17 Miliar untuk MTQ

Bupati Butur Abu Hasan.

KOLAKAPOS, Kendari–Untuk pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) menghabiskan anggaran sebesar Rp. 17 Milyar.

Menurut Bupati Butur Abu Hasan selain Rp. 17 milyar, juga ada Rp. 300 juta dari Pemerintah Provinsi. Angaran ini diperuntukan untuk sesuatu yang terkait dengan penyelenggaraan.

“Anggaran yang disiapkan mencapai Rp 17 miliar plus dana dari provinsi sebesar Rp 300 juta,” katanya. saat ditemui Kamis (1/3).

Dijelaskan, ini adalah yang pertama bagi Butur dan pihaknya ingin memastikan suksesnya acara yang bakal dihadiri 5 ribuan peserta dari 16 kabupaten/kota. Apalagi, seluruh persiapan menjadi tanggung jawab kabupaten yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

“Karena kita kan daerah baru yang hotelnya tidak sebanyak hotel di Kota Kendari. Untuk itu, sarana dan prasarana yang pertama kali harus disiapkan adalah tempat penginapan kafilah, sementara yang kedua adalah tempat penyelenggaraan lomba dan yang ketiga arena utama. Nah, terkait dengan penginapan kafilah sudah diantisipasi dengan rumah-rumah warga yang layak untuk dihuni, sebutnya.

Nantinya, MTQ bakal menggunakan 11 arena, diantaranya adalah mesjid-mesjid yang ada dalam Kota Ereke, Lipu sampai Kelurahan Lemo dan eks sarana olahraga yang digunakan saat Pekan Olahraga Provinsi beberapa tahun lalu, kemudian beberapa aula kantor organisasi perangkat daerah yang memang layak untuk dijadikan arena.

“Sementara saat ini yang tengah digenjot adalah proses finishing pembangunan mesjid raya Butur karena selama ini belum punya mesjid raya,” katanya.

Ditambahkan Pelaksanaan acara selama 11 hari akan ditutup dengan pengumuman juara dan penerimaan hadiah. Adapun jadwal kegiatan dimulai pada tanggal 18 Maret sampai 29 Maret.

“Ia katakan, persiapan fisik sudah lebih dari 90 persen. Sementara Senin pekan depan bakal dilakukan rapat evaluasi kerja teknis panitia,” tandasnya (k1/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top