BERITA UTAMA

Polres Muna : Sedang Berjalan Penyelidikannya

Soal Dugaan Pengrusakan Atribut PAN di Mubar

KOLAKAPOS, Raha–Kepala Satuan Resort Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Muna Iptu Fitrayadi mengatakan, hingga saat ini Penyidik Polda Sultra terus melakukan penyelidikan dugaan tindak pidana pengrusakan atribut dan rumah Partai Amanat Nasional (PAN) di kabupaten Muna Barat. Pasalnya, penyelidikan tersebut dilakukan sebagai tindakan penyidik kepolisian dalam menindak lanjuti laporan Ketua DPD PAN Muna Barat, La Ode Koso pada Jumat, 23 Februari lalu.

Namun, sudah berapa banyak saksi yang telah diperiksa untuk dimintai keterangannya oleh penyidik, Kasat Reskrim Polres Muna ini enggan berkomentar. Alasannya, laporan La Ode Koso masuk ke SPKT Polda Sultra. “Saya tidak bisa komentar tentang itu, karena pengaduan atau pelaporan dugaan pengrusakan yang di rumah PAN Muna Barat itu, itu laporannya masuk di SPKT Polda. Informasinya, sudah berjalan penyelidikannya oleh Direktorat Reskrimum Polda,” ucapnya pada Kolaka Pos saat ditemui di Mako Polres Muna Kamis, (1/3)

Kendati kabupaten Muna Barat masih domain wilayah hukum Polres Muna, namun Fitrayadi mengatakan, penyidik Polres Muna hanya ditugaskan untuk membantu penyelidikan yang dilakukan oleh penyidik Polda Sultra. “Kalau berbicara mengenai wilayah hukum itu kan, ini wilayah hukumnya Polda. Jadi kewenangan Polda untuk melakukan penyelidikan. Kalau memang Polda melimpahkan kesini (Polres Muna. Red), kita tangani. Tapi karena laporannya di Polda dan laporannya belum dilimpahkan, kami hanya memback up. Sifatnya, membantu Polda melaksanakan tugas-tugas penyelidikan,” tandasnya.

Untuk diketahui, pengrusakan rumah PAN di kabupaten Muna Barat terjadi pasca sholat Jumat pekan lalu. Hal tersebut diduga dilakukan oleh sejumlah pendukung Bupati Muna Barat, LM Rajiun Tumada sebagai reaksi terhadap pemecatan orang nomor satu Muna Barat itu dari jabatannya sebagai Ketua DPD PAN Muna Barat. Parahnya, sembari memegang cat semprot (Pilox) salah seorang warga memanjat papan nama kantor DPD PAN lalu menyemrotkan cat tersebut dengan membuat tulisan angka 1 dan kalimat AMAN hingga BSB singkatan dari Brigade Sowite Bersatu. (m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top