METRO KOLAKA

Saber Pungli Kolaka Tangani Tiga Kasus

ilustrasi/net

KOLAKAPOS, Kolaka–Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Kolaka, telah melakukan berapa inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah kantor yang menyelenggarakan pelayanan publik.

“Saber Pungli di Kolaka juga sudah melakukan tindakan, bahkan sudah mendapatkan tiga kasus saat ini masih proses dan dua orang sudah mendapatkan sangksi,” kata Kordinator Saber Pungli Kolaka H. Poitu Murtopo.

Tim Saber Pungli Kolaka melakukan sidak dengan tujuan agar tempat-tempat pelayanan publik bersih dari percaloan dan pungutan liar. Hal itu akan membuat kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik meningkat.

“Kami tim Saber Pungli Kolaka terus mengawasi tempat pelayanan publik, memantau secara tertutup dan ditindaklanjuti secara terbuka. Jika masyarakat ada yang mengalami atau melihat penyimpangan, pungutan di luar aturan maka laporkan saja,” tegasnya.

Lanjut ia mengatakan beberapa orang yang tertangkap melakukan pungutan liar jika ASN langsung mendapat tindakan. Untuk honorer yang melakukan maka akan dipindahkan kemudian setalah mendapatkan sangksi dan masih melakukan kegiatan pungutan liar maka akan di proses hukum.

“Semuanya ada protabnya, sebenarnya saber pungli ini tidak terlalau bisa di publis, karena kegiatan ini adalah sidak jadi tidak ada yang boleh mengatahui karena jangan sampai nantinya di ketahui oleh target,” tambahnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh Saber pungli didasarkan kerena adanya laporan masyarakat serta pantauan intelejen. Jika KPK lakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) maka Pemda Kolaka juga OTT

“untuk saat ini pemda kolaka masih malakukan proses pembinaan. Namun saat ini belum dilakukan tindakan keras. Kita sudah pernah tangkap beberapa orang didinas perhubungan. Langkah yang diambil Pemda Kolaka sudah menjatuhkan sangksi pada mereka,” katanya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top