METRO KOLAKA

Satlantas Polres Kolaka Tingkatkan Penertiban Angkutan Pelat Hitam

AKP Risal Syahril.

KOLAKA, Kolaka–Maraknya angkutan kendaraan pelat hitam yang beroperasi di Kolaka membuat Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Lalu Lintas Polres Kolaka harus bekerja ekstra. Untuk itu, kedua intitusi terus mengadakan koordinasi untuk meningkatkan penertiban dan pengawasan terhadap pengguna kendaraan nakal itu.

Kasat Lantas Polres Kolaka, AKP Risal Syahril SH S.IK mengungkapkan selain melanggar aturan lalu lintas, kendaraan pelat hitam yang dijadikan mobil penumpang cukup merugikan sopir pelat kuning yang mengantongi trayek.

“Makanya kemarin kita lakukan rapat koordinasi dengan Dishub Kolaka untuk meningkatkan pengawasan.
Jadi sekarang kami lagi giat-giatnya melakukan operasi penertiban pelat hitam itu,” ujar Risal, Kamis (29/2) kemarin.

Diakuinya, dalam melakukan operasi di lapangan, pihaknya mengaku sedikit kesulitan memberantas angkutan ilegal itu. Pasalnya sopir kendaraan yang tertangkap, masih saja mengakali petugas dengan bermodus penumpang yang dibawanya adalah keluarganya.

“Makanya kalau tertangkap kami cocokkan dulu KTP nya, terus kami tanya nama satu sama lainnya. Untuk memastikan kendaraan tersebut angkutan pelat hitam atau bukan,” ujarnya menambahkan.

Selain mengandalkan pengalaman pengamatan di lapangan, kadang angkutan pelat hitam yang tertangkap karena awalnya mereka melanggar aturan lalu lintas. Saat diberhentikan petugas, barulah diketahui kendaraan tersebut merupakan angkutan pelat hitam atau bukan.

“Yang paling banyak itu yang kendaraan rute Kolaka – Kendari, kemudian rute Bombana dan Kolaka Utara,” terangnya.

Keberadaan angkutan pelat hitam bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam Undang-Undang tersebut, semua angkutan umum, termasuk travel wajib memiliki izin usaha dan menggunakan plat kuning. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top