METRO KOLAKA

Antam-GLC Tingkatkan Skill Guru

KOLAKAPOS, Pomalaa–Perhatian PT Antam terhadap pendidikan sangat tinggi. Terbukti, Antam dan GLC bekerjasama dalam meningkatkan skill guru se Kecamatan Pomalaa melalui pelatihan manajemen kelas dan media, pelatihan efektif komunikasi guru kepada siswa dan orang tua, dan pelatihan efektif meeting dan delegating skill, yang digelar selama 4 (empat) hari di Pondok Kumoro.

Hadir sebagai narasumber dan mentor dalam kegiatan ini Dr. Kamri dan Dr. Pardan Prasetio, Konsultan dan Psikolog di bidang Pendidikan yang didatangkan dari Jakarta dan Bandung. Proses pembelajaran berjalan dengan baik dan para peserta antusias mengikuti.

VP HC and CSR, Kamsi mengatakan, tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan skill guru dalam memanage sekolah serta berkomunikasi dengan pihak komite dan orang tua murid.

“Pelatihan ini kelanjutan dari program unggulan CSR Antam UBPN Sultra yaitu School Development Program yang dilaksanakan secara berkelanjutan dari tahun 2016,” ujarnya.

Sementara itu, CSR Manager, Muhammad Rusdan mengatakan, kegiatan pelatihan ini adalah tahapan kelima dari program peningkatan mutu sekolah yang dikerjasamakan dengan GLC Indonesia untuk para guru dan kepala sekolah setingkat SD dan SMP se Kecamatan Pomalaa.

Kamri, Konsultan Psikolog/Pendidikan sebagai narasumber manajemen kelas dan media mengatakan manajemen kelas merupakan hal yang penting menjadi perhatian dari para guru. Guru sebagai pengelola kelas memerankan fungsi sebagai pengajaran atau motivator dan fasilitator dalam belajar.
Guru dalam mendidik siswa harus mampu menciptakan pengelolaan kelas yang kondusif agar siswa tertarik dalam mengikuti pelajaran.

Pengelolaan kelas yang tidak kondusif akan berdampak negatif pada proses pembelajaran dan sulitnya tercapai tujuan pembelajaran, sebaliknya pengelolaan kelas yang kondusif dan menarik dapat memudahkan tercapainya tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran yang dilakukan menyenangkan bagi siswa,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, khusus materi efektif komunikasi guru siswa dan orangtua, perlu dibangun komunikasi yang positif di antara keduanya, sehingga proses belajar mengajar di sekolah berjalan lancar.

Ditempat yang sama Pardan Prasetyo, menyampaikan materi Efektive Meeting dan Delegating Skiil.

Dikatakan, salah satu penyebab produktivitas tidak optimal dalam sekolah adalah penggunaan waktu kerja yang tidak efektif yang sering tercermin dalam pelaksanaan meeting atau rapat yang menggunakan waktu lama dan tidak efisien.

“Diperlukan manajemen yang tepat untuk merencanakan, mengatur dan melaksanakan meeting atau rapat sehingga tidak menimbulkan pemborosan dari segi waktu kerja. Pelatihan ini memberikan pemahaman mengenai perencanaan dan manajemen meeting serta tips dan trik dalam merencanakan dan mengatur kegiatan meeting,” jelasnya.

Lebih lanjut, materi Delegasi yang Efektif, Pendelegasian wewenang efektif adalah pemberian wewenang dan memperbolehkan orang lain untuk melakukan tugas mereka dengan cara – cara terbaik yang mungkin dilakukan.

Salah satu peserta pelatihan, Linda, Kepala Sekolah SD IT Alfarabi, menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih kepada Antam atas kegiatan pelatihan ini. Menurutnya, CSR Antam, telah berupaya maksimal untuk menfasilitasi para guru mendapatkan kesempatan belajar melalui seminar-seminar peningkatan mutu sekolah yang tujuannya untuk meningkatkan kompetensi para guru maupun menajamen sekolah agar mampu berkompetisi dengan sekolah-sekolah lainnya di luar.

Menurutnya, Program CSR yang dilakukan Antam, sudah sangat tepat dalam upaya mencerdaskan para guru, dimana tidak hanya focus pada pembangunan infrastruktur, tapi juga peningkatan mutu sekolah melalui manajemen sekolah agar lebih berkualitas.

Materi-materi pelatihan yang diajarkan sangat relevan dengan kebutuhan sekolah, dan inilah yang sebenarnya sejak lama dibutuhkan oleh sekolah. “Kami sangat merasakan manfaatnya, semoga kegiatan yang seperti ini dapat berkelanjutan,” ungkapnya. (K9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top