KOLAKA TIMUR

Desa Iwoimea Jaya Terbanyak Kelola Dana Desa Se-Koltim

KOLAKAPOS, Tirawuta–Desa Iwoimea Jaya, kecamatan Aere merupakan desa yang terbanyak mengelola Dana Desa (DD) tahun 2018 ini. Hal ini diungkapkan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Hanarudin saat ditemui beberapa waktu lalu.

” Dari 117 desa di Koltim desa yang terbanyak mendapatkan anggaran dana desa yaitu desa Iwoimea Jaya dengan total anggaran Rp1.190.516.000, kemudian untuk desa yang paling sedikit mendapatkan anggaran dana desa yaitu desa Aere dengan total Rp649.507.000 juga ” tutur Hanarudin

Menurutnya, pengelolaan dana desa akan diperuntukkan dalam pembangunan di desa, sehingga sarana di desa dapat terpenuhi sesuai prioritas usulan masyarakat. ” Rencananya bulan ini pencairan dana desa akan segera dilaksanakan di semua desa ” jelasnya.

Sementara itu, tenaga ahli pemberdayaan desa Koltim Amran Apity mengungkapkan, salah satu alasan desa Iwoimea Jaya mendapatkan anggaran dana desa Rp 1 milyar lebih, dikarenakan  penilaian JPM (jumlah penduduk miskin) di desa Iwoimea Jaya dengan nilai 8, kemudian tingkat kesulitan wilayahnya, sarana dan prasarana masih minim, klasifikasi IDM tertinggal,jumlah penduduk miskin 345 dari total penduduk 638. ” Jadi kriteria utama yang menjadi alasan mengapa desa Iwoimea Jaya terbesar mendapatkan dana desa tersebut ” ungkapnya.

Selanjutnya untuk, desa Aere lebih sedikit mendapatkan anggaran dana desa karena indeks penduduk miskinya hanya sesikit dengan nilai indeks kemiskinanya hanya 1 berarti desa ini kategori bagus. ” Untuk itulah 2018 ini dana desa sudah harus sistem padat karya yang bertujuan mengurangi angka kemiskinan khususnya di Koltim ” tutupnya. (K9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top