KOTA KENDARI

Ingin Memandang Sultra Lebih Dekat, PJ Gubernur Kunker ke Lima Daerah

PJ Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi saat berkunjung ke Salah satu Daerah yakni Buton Selatan.FOTO:Asbar/Kolaka Pos

Akan Dijadikan Sampel untuk Mengambil Kebijakan

KOLAKAPOS, Kendari–Memandang Sultra lebih dekat, Pelaksana Jabatan (PJ) Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara(Sultra) Teguh Setyabudi yang baru dilantik kurang lebih dua minggu melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Lima Daerah. Kelima daerah yang dikunjungi tersebut masing-masing Kabupaten Kolaka, Konawe, Buton Selatan, Buton dan Kota Baubau.

“Di Sultra ada 17 kabupaten dan kota, 15 Kabupaten 2 Kota, saya dalam waktu hampir dua minggu ini berkunjung ke 5 daerah, 4 Kabupaten 1 kota. Kemduian lima wilayah yang saya kunjungi itu bisa mengambilkan sampel bagi saya ialah untuk memandang Sulawesi Tenggara,” katanya. Jumat (2/3).

Dikatakan sampel yang dimaksud ialah sebagai gambaran mengenai masalah-masalah di daerah, yang kemudian akan dijadikan sebagai dasar untuk mengambil kebijakan nantinya.

“Tentu saja masalahnya macam-macam Katakanlah antara Baubau dengan Busel itu berbeda dengan Konawe dan Kolaka sumber daya alam nya juga berbeda. Dari situ saya pasti akan langsung mengambil langkah-langkah dalam artian menata dulu peran SKPD di tingkat provinsi saya tidak bisa bekerja sendiri tanpa back up dari SKPD,” katanya.

Disebutkan, dirinya juga akan mengecek seperti apa kebijakan-kebijakan yang dilakukan SKPD yang berkaitan dengan daerah Kabupaten/Kota.”Saya nanti akan cek persis kepada SKPD, kebijakan-kebijakan SKPD itu antar daerah seperti apa kita lihat kita optimalkan,” Sebutnya.

Diterangkan, benar-benar menginginkan ada konektivitas dan sunergitas dalam hal pembangunan infrastruktur maupun program antar daerah di Sultra.

“Jadi kalau misalnya di kabupaten A, B, C Ini seharusnya saling bisa membackup
Daerah ini mungkin plus dalam bidang ini tetapi daerah lain minus daerah ini jadi bisa saling membeck up begitu. Kita juga harus bisa samakan seperti Busel relatif dari sisi SDM yang paling tidak sampai dengan saat ini belum nampak ya kira-kira apa yang bisa kita lakukan,” katanya.

Olehnya itu, kata dia nantinya besar harapan agar gubernur terpilih definif Sultra dapat melanjutkan pondasi yang telah dia bangun besama SKPD serta Kabupaten/Kota.

“Saya tidak terbebani dalam berbagai hal, Saya tidak terbebani secara teknis, secara politik saya tidak terbebani di masalah materialistis karena saya jadi PJ gubernur tidak mengeluarkan materi apa-apa jadi saya bisa mengambil kebijakan mudah-mudahan yang terbaik saja,” tandasnya (k1/c//hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top