BOMBANA

Andi Nirwana : Jadikan Hari PKK Sebagai Evaluasi Diri

KOLAKAPOS, Rumbia–Momentum hari jadi PKK yang ke 46 tahun ini, selain istimewa bagi Ketua PKK kabupaten Bombana Hj Andi Nirwana Tafdil juga sebagai ajang evaluasi diri bagi seluruh pengurus baik itu pengurus tingkat kabupaten, kecamatan,kelurahan maupun desa

Hal itu di akuinya saat memberikan sambutan di aula kantor bupati,Sabtu (3/2), hadir dalam acara itu Bupati, Kapolres,F orum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkominda) dan organisasi perempuan.

Menurutnya, selama kurung waktu lima tahun  terakhir ini, organisasi yang dijalankan oleh kaum perempuan ini belum mampu bekerja maksimal. Padahal ketersediaan anggaran pemerintah daerah turut andil dalam mewujudkan sepuluh program nasional PKK. Organisasi ini terdapat beberapa pokja yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk dapat mengsinergritaskan program pkk dan program pemerintah,” ungkapnya.

Contohnya mengenai pendidikan usia dini (paud), tercatat 121 desa yang ada di kabupaten Bombana, terdapat 20 desa yang tidak memiliki paud. “Seharusnya satu desa satu paud, fakta nya satu desa 2-3 paud. Ini merupakan catatan buruk bagi pemerintah karena tidak adanya pemerataan, seperti yang di ketahui paud ini sebagai langkah awal memberikan pendidikan anak,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, beberapa tahun lalu pihaknya sudah melakukan pelatihan bagi setiap pengurus PKK tingkat kecamatan untuk dapat memandikan mayit,. Namun faktanya pelatihan tersebut tidak diteruskan ke pengurus-pengurus PKK yang ada dipelosok wilayah bombana yang susah untuk terjangkau, sehingga pada umumnya mayit di mandikan oleh kaum lelaki, tentu dinamika ini harus di rubah oleh semua pengurus pkk yang ada di setiap wilayah kecamatan.

Pemanfaatan lahan pekarangan juga menjadi potensi yang harus di manfaatkan oleh pkk sebab ini juga dapat berpotensi untuk menumbuhkan pendapatan warga. “Pemanfaatan lahan pekarangan ini sudah jelas apa yang menjadi program pkk ini sudah masuk dalam kategori gembira dua,pkk hanya di tuntut untuk berperan aktif dan kreatif memanfaatkan program Gembira ini,” tuturnya.

Ia juga menghimbau pada pemerintah kecamatan untuk aktif melibatkan pengurus pkk dalam kegiatan gembira dua,sebab program pkk ini dapat di sinergritaskan dengan program pemerintah,bila tidak dilakukan dirinya yang juga selaku anggota DPRD akan meminta pada Bupati Bombana untuk melakukan evaluasi kembali pada aparat pemerintahannya.

Sementara itu di tempat yang sama bupati bombana H.Tafdil mengatakan bahwa sangat mengapresiasi masukkan dari ketua PKK kabupaten bombana,berhasil tidaknya program PKK ini tergantung dari penggerak saja,kalau tidak bekerja tentu program pkk itu akan jalan di tempat

Mengenai evaluasi bagi aparat pemerintah kecamatan,bupati bombana dua periode ini, belum bisa mengambil langkah yang tegas,”kita lihat saja nanti sejauh mana program pemerintah dan program pkk ini berjalan,kalau bagus kita tidak evaluasi,kalau buruk tentu kita evaluasi,kita bekerja ini kan untuk rakyat dan kembali pada rakyat jadi kita lihat saja nanti,”ungkapnya. (K6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top