KOLAKA TIMUR

Rp 235 Juta untuk Pembuatan Jalan Usaha Tani Desa Mulya Jaya

Suasana pengerjaan jalan usaha tani.FOTO:Sofyan/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta–Petani Desa Mulia Jaya kecamatan Dangia Timur kini tak susah lagi mengangkut hasil panennya. Pasalnya, di wilayah tersebut, akan dibuat jalan usaha tani dan drainase.

Kepala Desa Mulia Jaya, Rusdi Hadi mengatakan, Dana Desa (DD) Mulia  jaya Kecamatan Dangia  Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), pertahun itu sekitar Rp 645 juta.

Dari dana desa sekitar Rp645 juta, untuk triwulan pertama 2018 sudah dicairkan. Adapun pencairannya bertahap.

“Pencairan triwulan pertama untuk tahun 2018, sebesar 20 persen. Dengan dana 20 persen itulah yang kami gunakan untuk membangun pembuatan jalan usaha tani dan beberapa drainase,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk pembuatan jalan usaha tani itu menelan anggaran sebesar Rp 235 juta. Dengan jumlah tersebut, dana desa tahap pertama sebesar 20 persen, itu belum cukup untuk menyelesaikannya. Namun untuk penyelesain jalan usaha tani sepanjang 2 kilometer nanti pencairan tahap kedua.

“Anggaran tersebut bertahap sampai pencairan triwulan kedua,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Dangia Marsalim selaku pengawasan pembangunan diwilayahnya, membenarkan kalau beberapa Kades diwilayahnya sudah mulai bekerja. “Saya selaku pimpinan wilayah sudah mengintruksikan para Kades yang mencairkan Dana Desanya tahap pertama tahun 2018, untuk segera melaksanakannya, kecuali kalau belum ada RAF,” imbuhnya.

Marsalim juga menyampaikan dengan adanya DD yang diberikan pemerintah pusat dia berharap para Kades benar benar menjalankan sesuai yang tergantung di Apeberdes desa. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top