KOLAKA TIMUR

Desa Matabondu Sukses Laksanakan Pembangunan

KOLAKAPOS, Tirawuta–Desa Matabondu kecamatan Tirawuta, Memanfaatkan benar Dana Desa (DD) yang telah dianggarkan untuk pembangunan. Buktinya, beberapa item pekerjaan, telah berhasil dituntaskan saat ini, meski baru mencairkan 20 persen dari total anggaran yang diporsikan.

Kades Matabondu, Boy, mengatakan untuk tahun ini, desanya mendapatkan anggaran sebesar Rp692 juta yang akan dibagi dalam empat termin pencairan. “DD untuk triwulan pertama 2018 sudah kami cairkan 20 persen, dengan anggaran itulah yang kami kelola untuk membangun program desa,” ujarnya kemarin (5/3).

Beberapa pekerjaan yang telah dituntaskan dengan anggaran dari Dana Desa itu terang Boy, diantaranya pembangunan satu unit Rumah Sehat dengan anggaran Rp30 juta, dua unit deuker seharga Rp42 juta, serta drainase sepanjang 170 meter. “Walaupun dana tahap pertama hanya 20 persen, namun kami tetap optimis untuk membangun sesuai Perdes yang ada,” jelasnya sembari menyatakan keyakinannya bahwa seluruh kegiatan yang telah direncanakan akan sukses dieksekusi tahun ini.

Koordinator Pendamping Desa, La Aman turut mengancungkan jempol terhadap atensi dan kinerja Kades Matabondu, Boy. Namun ia menggaris bawahi, bahwa Kades lainnya yang berada di wilayah koordinasinya, telah bekerja setelah menerima pencairan tahap pertama. “Saya selaku koordinator wilayah sudah mengintruksikan para Kades yang mencairkan Dana Desa tahap pertama tahun 2018, untuk segera melaksanakannya, kecuali kalau belum ada RAB,” tegasnya. Ia juga berharap agar para Kades memanfaatkan Dana Desa sesuai yang tertuang di APBD desa. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top