KOLAKA TIMUR

Cegah Banjir Desa Lapangisi Bangun Drainase

KOLAKAPOS, Tirawuta–Banjir yang menjadi momok di desa Lapangisi, kecamatan Mowewe, Kolaka Timur, tengah dinetralisir dengan pembangunan drainase sepanjang 420 meter. Drainase tersebut dibangun menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2018 sebesar Rp 200 juta.

Kepala desa Lapangisi H. Saenal Sakir mengatakan setiap musim hujan tiba luapan air hujan sering menggenangi rumah warga. Karenanya melalui prioritas program yang diusulkan oleh masyarakat, tahun ini dibangun drainase yang terletak di dusun II dan III. “Tahun ini kami membangun drainase dan Poskesdes, namun karena anggaran dana desa proses pencairannya bertahap, jadi untuk pencairan tahap pertama kami membangun drainase,” ungkapnya, Selasa (6/3).

Dalam proses pekerjaan drainase kata Saenal, pihaknya melibatkan masyarakat, sehingga masyarakat dapat terlibat langsung dalam pembangunan di desa. ” Sesuai arahan bapak presiden Jokowi, semua kegiatan di desa harus melibatkan masyarakat, sehingga dapat mensejahterakan masyarakat di desa. Dan tahun ini kami mendapatkan dana desa sekitar Rp 625 juta,” ucapnya.

Menurutnya, dengan adanya dana desa perkembangan sarana dan prasarana setiap tahunnya terus meningkat. Apalagi semua prioritas usulan masyarakat dapat terwujud. “Suatu kesukuran dana setiap tahunnya selalu ada, sehingga cukup membantu pembangunan didesa,” akunya.

Sementara itu, kepala BPMD Koltim Hanarudin saat pertemuan menyampaikan kami dari pihak BPMD telah menyampaikan kepada semua desa se-Koltim agar dana desa tersebut dapat digunakan sesuai dengan perencanaan pembangunan yang dicantumkan melalui APBDes masing-masing desa. Dan kami juga akan selalu memantau pembangunan di desa. “Kami harapkan semua desa dapat mengelola dengan baik dana tersebut,” harapnya. (m2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top