KONAWE SELATAN

Kembangkan Potensi Seni, Pemda Konsel Gelar Pelatihan Musik Bambu

KOLAKAPOS, Andoolo–Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar pelatihan untuk para Pelatih Seni alat musik bambu bertempat di Aula Pertemuan Disdikbud.

Kepala Seksi Kebudayaan Disdikbud Konsel, Rati Melani mengatakan, bahwa peserta pelatihan berasal dari perwakilan sekolah dan umum dari masing-masing Kecamatan se-Konsel, yang totalnya berjumlah 50 Pelatih.

“Pelatihan ini bertujuan, untuk mengembangkan potensi seni musik bambu di kalangan masyarakat Konsel, utamanya para pelajar yang bisa di jadikan bahan pelajaran ekstrakurikuler, dan juga untuk memajukan Konsel, dari sisi kebudayaan seni tradisional ini,” ujarnya.

Pihaknya berharap, mereka bisa meningkatkan bakat skill kepelatihan dan mampu menciptakan pemusik handal, yang mampu mengharumkan nama Konsel di level regional maupun nasional melalui alat musik tersebut.

“Output nya, mereka bisa mengembangkannya di sekolah-sekolah maupun kepada masyarakat luas khususnya Konsel,” harapnya.

Selain itu kata dia, alat musik bambu ini sudah jarang lagi ada yang memainkannya, dan perlahan akan terlupakan. Untuk itu melalui pelatihan ini, kita sangat harapkan musik bambu ini kembali populer dan semakin meningkat.

“Setiap ada kegiatan besar, musik bambu ini selalu ditampilkan misalnya saja kalau ada tamu dari luar daerah. Untuk itu perlu kita jaga dan mengembangkannya,” tutupnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top