METRO KOLAKA

Satuan Narkoba Kolaka Ringkus Bandar Narkoba

KOLAKAPOS, Kolaka–Satuan Narkoba Polres Kolaka meringkus Ahmad Rianto Lewi alias Ranes (29) karena di terdeteksi sering melakukan pengedar narkotika jenis sabu di kecamatan Pomalaa. Saat melakukan penangkapan terhadap Ahmad Rianto, polisi berhasil mendapatkan barangbukti sabu dengan berat sekitar 0,5 gram yang terbungkus plastik berperekat.

Kasat Narkoba Kolaka AKP Gazali Yusuf kepada wartawan mengatakan penangkapan yang dilakukan satuan narkoba Kolaka berdasarkan informasi masyarakat dan setelah melakukan penyelidikan beberapa hari. Tersangka Ahmad Rianto Lewi berdomisili di kecamatan Latambaga namun pasaran sabu-sabu milik Ahmad dilakukan di wilayah kecamatan Pomalaa. Tersangka ini di ringkus di Jalan Gereja zoar desa Pelambua kecamatan Pomalaa.

“Saat kami melakukan pemeriksaan di beberapa tempat kemudian mendapatkan barangbukti satu dompet yang isinya 45 saset plastik berperekat, sabu seberat 0,0 gram di dalam plastik, serta pipet yang sudah diruncing ujingnya. Satu unit timbangan digital, satu tabung pirexs yang dibungkus kertas volio rokok, pipet besar yang sudah runcing ujungnya, satu buah alat hisap sabu yang terbuat dari botol kaca kemudian uang tiga juta rupiah,” tambahnya.

Lanjut Gazali, dari hasil pemeriksaan tersangka mengakui sabu tersebut dia beli dari orang yang ia tidak kenal. Saat ini tersangka juga telah mengakui jika dirinya bukan hanya pemakai sabu, namun sehari-hari juga mengedarkan sabu di wilayah Pomalaa.

“Untuk ancaman hukuman tentu terkait dengan barang bukti yang diamankan oleh polisi. Karena barangbukti sabu tidak lebih dari 5 gram maka akan dijerat dengan pasal 114 ayat 1 dengan hukuman minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun penjara,” tambahnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Kolaka jika melihat atau mengetahui ada transaksi ataupun tempat yang sering digunakan para pengguna narkoba, baik itu sabu-sabu, ganja dan jenis narkoba lainya segera melaporkan ke Polres Kolaka.

“Kita akan tindak lanjuti jika ada laporan dari masyarakat. Masyarakat yang melaporkan akan dirahasiakan identitasnya. Ayo kita bersama memerangi narkoba di Kolaka,” tambahnya (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top