METRO KOLAKA

2018 Dinsos Hanya Bisa Bantu 20 Rumah

KOLAKAPOS, Kolaka–Pemerintah kabupaten Kolaka telah menyiapkan 1000 lembar atap seng untuk rumah yang terkena bencana, baik itu kebakaran maupun bencana angin puting beliung. Jumlah 1000 lembar bantuan dianggap masih sangat kurang jika lihat kondisi wilayah Kolaka yang berada di pinggir laut. Bencana angin puting beliung adalah paling sering terjadi di Kolaka.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kolaka H. Andi Malombasi mengatakan bantuan dari Anggaran Pendapatan Belanja daerah (APDB) hanya menyiapkan 1000 lembar seng. dari 1000 lembar senga jika satu rumah mendapatkan 50 lembar maka hanya 20 rumah saja yang bisa dibantu untuk korban kebakaran atau angin puting beluing selama 2018 ini.

“Kalau bicara kurang, bantuan ini pasti kurang. Apalagi Kolaka ini dari 12 kecamatan 10 kecamatan ada di pesisir pantai yang sangat rawan akan bencana angin puting beliung. Mau diapakan hanya 1000 lembar seng. Bahkan untuk awal 2018 ini usdah ada empat rumah yang terkena bencana. Dua rumah kebakaran dua rumah bencana angin puting beliung. Jadi seng yang akan dibagikan untuk korban bencana tersebut sekitar 200 lembar,” tambahnya.

Lanjut ia mengatakan untuk bantuan dari APBN tidak ada berupa seng. Untuk korban kebakaran pemerintah kabupaten Kolaka bisa mengusulkan ke pusat bantuan namun jika korban tersebut lebih dari 10 rumah. Semantara untuk bantuan dibidang Perlindungan dan Jaminan Sosial dari pusat hanya permakanan saja.

“Bantuan permakanan bisanya untuk korban banjir, dan bencana alam lainya,” tambahnya (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top